cuaca panas
Ilustrasi cuaca panas

BOGOR-TODAY.COM, JAKARTA – Beberapa hari terakhir, masyarakat di Indonesia mengeluhkan cuaca panas, termasuk Bogor.

Keluhan panasnya cuaca diungkapan Adi, warga Kebon Pedes, Tanas Sareal, Kota Bogor. Ia telah merasakan cuaca yang sangat terik usai lebaran beberapa hari lalu.

“Panas banget ini, kadang kalau malam juga enggak bisa tidur padahal udah pakai kipas. Terasanya kira-kira habis lebaran,” ungkap pria 28 tahun itu kepada bogor-today.com, Minggu (8/5/2022).

BACA JUGA :  Puncak Arus Balik di Terminal Baranangsiang Diprediksi 15 April 2024

Hal yang sama juga dirasakan, Lina seorang ibu rumah tangga warga setempat. Meski cuaca panas dikeluhkannya, namun ia menyebut memiliki nilai postif.

“Ya kalau cuacanya begini (panas) memang enggak enak banget, tapi beruntung cucian saya cepet keringnya,” katanya.

Lantas apa penyebab cuaca panas melanda Indonesia?

Melansir kontan.co.id, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa cuaca panas yang terasa di sejumlah daerah belakangan ini lantaran beberapa wilayah di Indonesia mulai memasuki puncak musim kemarau.

BACA JUGA :  H+1 Lebaran, Lalu Lintas ke Arah Puncak Bogor Mulai Padat

“Saat ini, posisi matahari sudah berada sedikit ke wilayah utara ekuator, atau tepatnya di sekitar 140 Lintang Utara dan masih bergerak ke utara hingga Juni, yang mengindikasikan puncak musim kemarau mulai berlangsung di wilayah Indonesia secara umum,” kata Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin.

============================================================
============================================================
============================================================