7 penyakit
Waspada, 7 Penyakit Ini Bisa Muncul Akibat Cuaca Panas. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM, JAKARTA  – Cuaca panas yang kini tengah dirasakan masyarakat Indonesia, selain dapat membuat badan mudah lemas juga bisa membuat tubuh terserang penyaki yang diawali dengan menurunnya sistem kekebalan dalam tubuh.

Melansir klikdokter.com, Minggu (8/5/2022) dr. Theresia Rina Yunita memaparkan terdapat 7 penyakit yang bisa muncul akibat cuaca panas.

  1. Heatstroke

Heatstroke merupakan kondisi kesehatan berbahaya yang bisa menyebabkan kerusakan otak, organ tubuh, otot, serta kematian. Kondisi ini biasanya muncul akibat cuaca panas yang menyerang tubuh hingga suhu tubuh mengalami peningkatan sampai 40 derajat Celcius. Orang yang terserang penyakit ini akan menimbulkan gejala seperti mengigau, napas tersengal-sengal, dan merasa kebingungan.

  1. Heat Cramps

Heat cramps atau kram karena panas merupakan kondisi di mana otot mengalami kejang menyakitkan setelah berolahraga intens saat suhu udara tinggi. Meski bukan gangguan kesehatan yang serius, akan tetapi kondisi heat cramps yang tidak segera ditangani bisa memicu penyakit lain seperti gangguan jantung.

  1. Heat exhaustion
Baca Juga :  Ini Negara yang Beruntung Menyaksikan Gerhana Bulan Total, Indonesia Termasuk?

Heat exhaustion atau kelelahan akibat panas adalah kondisi kesehatan yang lebih serius dari heat cramps. Biasanya kondisi ini disebabkan karena aktivitas fisik saat cuaca panas yang diiringi dengan kelembapan. Umumnya gejala yang ditimbulkan adalah munculnya keringat berlebih, nyeri otot, serta kejang.

  1. Penyakit jantung

Temperatur udara yang meningkat ternyata dapat memengaruhi kondisi kesehatan jantung. Hal ini disebabkan saat tubuh mengalami kelelahan akibat cuaca yang sangat panas, maka pernapasan akan mulai tersengal karena tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen. Kondisi ini memaksa jantung untuk bekerja lebih keras.

  1. Kerusakan otak

Paparan terik matahari saat cuaca sedang dalam keadaan panas yang cukup tinggi dapat membuat seseorang mengalami dehidrasi dan berisiko memicu kerusakan pada otak. Pasalnya, kondisi tersebut dapat dinilai dari perubahan pola perilaku saat tubuh terpapar sinar matahari yang berlebihan.

  1. Tekanan darah rendah
Baca Juga :  Penemuan Mayat Seorang Pria Tanpa Identitas di Kali Mookervart Jakbar

Saat musim panas biasanya kamu akan lebih memilih untuk bersantai atau bermalas-malasan, bukan? Ternyata hal tersebut dipengaruhi oleh temperatur cuaca yang menyebabkan pembuluh darah menyempit. Oleh karena itu, biasanya tekanan darah manusia pasti akan menurun jika sudah memasuki musim panas.

  1. Panas dalam

Cuaca yang terlalu panas tentunya akan membuat suhu tubuh mengalami peningkatan. Sayangnya, jika dalam kondisi tersebut kita tidak menjaga asupan makan dengan baik maka bisa saja kamu terserang panas dalam. Gejala umum munculnya panas dalam yaitu tubuh terasa tidak fit, demam, pilek, seriawan, gangguan pencernaan, dan tenggorokan kering.

Halaman:
« 1 2 | Selanjutnya › » Semua