gerhana bulan total
Fenomena alam gerhana bulan total akan tersaji akhir pekan ini, tepatnya pada 15 Mei 2022 atau beririgan dengan Hari Raya Waisak 2565 Buddhist Era. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM, JAKARTA – Fenomena alam gerhana bulan total akan tersaji akhir pekan ini, tepatnya pada 15 Mei 2022 atau beriringan dengan Hari Raya Waisak 2565 Buddhist Era.

Melansir Space.com, Minggu (15/5/2022) Ilmuwan gerhana Fred Espenak menyebutkan gerhana bulan total pada 15 Mei itu juga disebut supermoon, di mana bulan purnama berada di pergiee alias paling dekat jaraknya dengan Bumi).

Untuk diketahui, gerhana bulan total ini merupakan yang pertama kali berlangsung pada tahun 2022.

BACA JUGA :  Berdampak Positif Bagi Masyarakat, Pemkab Bogor Dukung Rencana Pengembangan IPB University di Dramaga dan Jonggol

“Coraknya yang berwarna merah saat ketika proses gerhana terjadi menjadikan fenomena ini disebut juga blood moon atau bulan berdarah,” ujar Fred.

Menurutnya, gerhana bulan total edisi kali ini diperkirakan berjalan selama tiga jam 27 menit 58 detik.

Namun, sayangnya, gerhana bulan total ini tidak dapat disaksikan di Indonesia. Sebab kata Fred ketika kejadian itu, wilayah Indonesia sudah memasuki siang hari berikutnya.

Adapun bila ingin melihat detik-detik bumi, bulan, dan matahari dalam satu garis lurus itu bisa disaksikan secara online pukul 08.32 WIB hingga 13.50 WIB.

BACA JUGA :  Warga Moncongloe Geger dengan Penemuan Bayi Kondisi Mengenaskan di Pinggir Jalan Maros

Sejumlah negara yang ‘beruntung’ melihat gerhana bulan total tersebut, mulai dari wilayah Amerika Utara, seperti Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, negara-negara di Amerika Tengah, kemudian Greendland, Islandia.

Gerhana total sebagian terlihat di Selandia Baru, Eropa Timur, dan wilayah Timur Tengah juga berkesempatan menyaksikan langsung gerhana bulan total. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================