kerap terabaikan akan khasiatnya
Kerap Terabaikan Akan Khasiatnya, Ini Segudang Manfaat Kulit Mangga. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM – Kulit mangga kerap terabaikan akan khasiatnya. Padahal kulit mangga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh loh.

Faktanya, bagian mangga yang umumnya berwarna kehijauan ini mengandung serat, polifenol dan karotenoid, serta vitamin C dan E.

Lalu, apa saja manfaat kulit mangga bagi kesehatan tubuh? Berikut ini beberapa di antaranya:

Melansir klikdokter.com, Selasa (17/05/2022) dr. Muhammad Isman S menyebutkan dengan rutin mengonsumsi kulit mangga dapat menurunkan risiko penyakit kanker, paru, kanker usus, kanker otak, dan kanker sumsum tulang belakang. Hal ini karena kulit mangga mengandung begitu banyak antioksidan, seperti mangiferin, norathyriol, dan resveratrol.

Baca Juga :  Banjir Rob Potensi Terjang Pesisir Jakarta 23-24 Juni 2022

Tak hanya itu, kulit mangga juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Kemampuan tersebut berasal dari kandungan phytonutrient, salah satu jenis beta cryptothanxin, yang ada di dalamnya.

Hal tersebut ditunjukkan pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University. Disebutkan bahwa partisipan yang menjalankan diet tinggi serat memiliki 40 persen risiko lebih rendah untuk terkena penyakit jantung.

“Ini merupakan kabar baik bagi Anda yang sedang dalam program diet. Sebab, mengonsumsi kulit mangga diyakini bisa membantu menurunkan berat badan,” kata dr. Muhammad Isman S seperti mengutip klikdokter.com

Hal tersebut disampaikan dalam sebuah penelitian oleh Queensland University. Dikatakan bahwa konsumsi ekstrak kulit mangga dapat menurunkan pembentukan sel lemak di dalam tubuh.

Baca Juga :  10 Fakta Menarik Kebun Raya Bogor yang Jarang Diketahui

“Agar dapat memperoleh khasiat itu, pastikan untuk tetap menjaga pola makan sehari-hari,” imbaunya.

Selanjutnya, kulit mangga juga memiliki manfaat untuk saluran pencernaan. Salah satu manfaatnya, yaitu membuat Anda terhindar dari risiko penyakit-penyakit saluran pencernaan, seperti divertikulitis.

Terdapat dugaan yang menyebut bahwa rutin mengonsumsi serat, seperti yang terdapat pada kulit mangga, dapat menurunkan 40 persen risiko terkena penyakit tersebut.

Meningkatkan Sistem Imun