Sementara itu, Pengamat ekonomi sekaligus Direktur CELIOS Bhima Yudhistira mengatakan, bukan tidak mungkin akan terjadi krisis pangan apabila larangan ekspor gandum terus dilakukan oleh India. Sedangkan Indonesia merupakan salah satu negara yang cukup bergantung dengan gandum India.

Imbas pelarangan ekspor gandum oleh India, akan memicu krisis pangan secara global. oleh karenya, pemerintah harus bergerak cepat untuk mengantisipasi kondisi itu.

BACA JUGA :  Mulai 8-12 Mei 2024 Polres Bogor akan Berlakukan Ganjil Genap di Jalur Puncak! Simak Ini

“Jika tidak dilakukan langkah antisipasi, maka harga komoditas makanan di tanah air akan merangkak naik. Hal tersebut dipicu karena sebagian campurannya menggunakan gandum. Tidak hanya makanan, harga pakan ternak juga bisa naik karena pelarangan tersebut,” jelas Bhima.

Untuk itu, Indonesia harus melakukan berbagai langkah mitigasi. pengusaha di sektor makanan dan minum serta pelaku usaha ternak harus berkoordinasi mencari jalan keluar bersama pemerintah.

BACA JUGA :  Diskominfo Kabupaten Sijunjung Bertandang ke Kabupaten Bogor Pelajari Pengelolaan Media dan PPID

“Jadi para pengusaha juga harus segera mencari alternatif bahan baku selain gandum seperti tepung jagung, singkong hingga sorgum yang banyak ditemukan di Indonesia. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================