ribuan jemaat
Ribuan jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Ressort Cibinong distrik XXVIII Deboskab, Kabupaten Bogor merayakan 50 tahun Jubileum di Balai Pertemuan Umum (BPU) Bagas Raya, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/5/2022).

BOGOR-TODAY.COM, BOGORRibuan jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Ressort Cibinong distrik XXVIII Deboskab, Kabupaten Bogor hadiri perayaan 50 tahun Jubileum di Balai Pertemuan Umum (BPU) Bagas Raya, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/5/2022).

Perayaan 50 tahun HKBP Cibinong tersebut sebagai pengingat agar umat Kristen ataupun warga HKBP agar dapat bersyukur kepada Tuhan. Sebab, Tuhan sendirilah yang mendirikan gereja HKBP sehingga bisa tumbuh berkembang dan patut disyukuri semua pelayan dan jemaat.

Sekretaris Jendral HKBP Ressort Cibinong, Pdt Dr. Victor Tinambunan menyebut bahwa Jubileum ini merupakan perayaan yang sudah menjadi tradisi di HKPB, artinya untuk mensyukuri kedekatan Tuhan. Perayaan ini juga tak hanya pada usianya yang ke-50 tahun., akan tetapi kedepannya pada usia 75, 100 hingga 150 tahun akan terus dirayakan.

“Harapannya, karena ini sudah terlihat bagaimana tuhan bekerja melalui gereja ini. Pertumbuhannya semakin jelas, sehingga kita berharap semua warga jemaat betul-betul bergembira, bersuka cita sehingga kedepannya semakin dewasa dan gereja juga semakin baik,” ujar Victor kepada wartawan yang ditemui di lokasi perayaan.

ribuan jemaat
Ribuan jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Ressort Cibinong distrik XXVIII Deboskab, Kabupaten Bogor merayakan 50 tahun Jubileum di Balai Pertemuan Umum (BPU) Bagas Raya, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/5/2022).

Menurutnya, perayaan tersebut memiliki manfaat yang besar, pertama jika melihat sejenak kebelakang bagaimana tuhan bekerja sehingga jemaat terlihat bersuka cita dan bergembira. Bahkan, peristiwa perayaan itu juga merupakan sebagai langkah kedepan akan lebih bersemangat lagi serta menjadi berkat bagi masyarakat.

Baca Juga :  Tradisi minum teh di Solo yang Berkembang Sejak Zaman Kolonial

Masih ditempat sama, pendeta HKBP Ressort Cibinong, Dr. Tiapul Hutahaean mengaku, pihaknya sangat senang dan bahagia melihat antusias para pelayan dan jemaat HKBP Cibinong khususnya yang tengah sukacita dalam perayaan Jubileum ke 50 tahun tersebut.

“Luar biasa puji Tuhan, karena seluruh jemaat dapat bersungguh-sungguh bersyukur dalam perayaan Jubileum ini,” katanya

Inang Tiapul juga mengaku, dalam momen ini banyak berkat yang diterima mulai dari pra jubileum sampai puncak perayaan itu digelar pada hari ini.

“Kita sungguh-sungguh bersorak Sorai dengan menunjukkan bahwa jemaat HKBP Cibinong bersyukur kepada Tuhan YME,” ungkap Pdt Tiapul.

Pihaknya juga mengharapkan, dalam perayaan puncak Jubileum ke 50 itu, diharapkan kedepan bisa bersama-sama dengan seluruh jemaat HKBP Cibinong.

“Dan itu harapan kita terus, kita berdoa terus, ciptakan perdamaian untuk bersatu, bersyukur kepada Tuhan YME serta saling memaafkan dan mengampuni agar Tuhan sendiri dapat mengampuni kita semua sebagai jemaatnya,” bebernya

“Kita akan bersatu semua sehingga tali persaudaraan antara umat Kristen dapat diikat kembali didalam kasih tuhan Yesus,” harapnya.

ribuan jemaat
Ribuan jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Ressort Cibinong distrik XXVIII Deboskab, Kabupaten Bogor merayakan 50 tahun Jubileum di Balai Pertemuan Umum (BPU) Bagas Raya, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/5/2022).

Ketua umum Jubileum HKBP Cibinong, DR. M. Nainggolan mengungkapkan bahwa perayaan Jubileum sendiri artinya adalah perayaan ulang tahun ke 50 tahun dan sesungguhnya usia HKBP Ressort Cibinong ini adalah 53 Tahun, semenjak berdiri pada Tanggal 21 September 1969, dan Perayaan Jubileum ini seharusnya dilaksanakan pada tahun 2019, tetapi baru bisa dilaksanakan pada Tahun 2022 ini.

Baca Juga :  Cara Membuat Kue Pukis Lezat dan Bikin Ketagihan

Ia juga melanjutkan, dalam perayaan Jubileum hari ini kegiatan dimulai dari Gereja HKBP Ressort Cibinong Jl. HR. Lukman Cirimekar dengan acara ibadah singkat dan penandatanganan Prasasti Jubileum HKBP Ressort Cibinong oleh Sekretaris Jenderal HKBP Bapak. Pdt. DR. Victor Tinambunan MST, turut  mendampinginya Praeses Distrik 28 Deboskab Pdt. Nekson Simanjuntak Mth, PendetaRessort HKBP Cibinong Inang Pdt. Dr. Tiapul Br. Hutahaean, serta Pendeta Fungsional Pdt. Monrue Nainggolan Sth beserta Parhalado, jemaat perwakilan Sektor.

“Perayaan Jubileum HKBP Ressort Cibinong sudah dimulai dari tahun 2021 yang lalu dengan serangkaian kegiatan seperti Bakti Sosial kepada jemaat yang terdampak covid-19 dan warga sekitar Gereja, juga diadakan kegiatan Gowes (Sepeda Gembira) Ama HKBP Ressort Cibinong pada Tanggal 17 Agustus 2021 lalu sekaligus upacara bendera di Lingkungan Gereja, juga ada serangkaian kegiatan Seminar Pemberdayaan yang ditujukan kepada Parhalado, Jemaat dan Kaum Muda,” bebernya.

Lebih lanjut ia memaparkan, panitia Jubileum ke 50 tahun juga mengumpulkan ‘Natuatua ni Huria’ dan mengadakan acara silahturahmi untuk menggali informasi perjalanan Gereja HKBP.