jumlah perokok dewasa di Indonesia
Global Adults Tobacco Survey (GATS) merilis jumlah perokok dewasa di Indonesia terus mengalami peningkatan hingga 8,8 juta jiwa. Survei itu terhitung sejak 10 tahun terakhir. Foto : Ilustrasi merokok.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Global Adults Tobacco Survey (GATS) merilis jumlah perokok dewasa di Indonesia terus mengalami peningkatan hingga 8,8 juta jiwa. Survei itu terhitung sejak 10 tahun terakhir.

Meski survei memperlihatkan adanya penurunan, namun jumlah perokok dewasa justru ditemukan meningkat. Sebanyak 60,3 juta perokok dewasa pada 2011, meningkat menjadi 69,1 juta perokok dewasa pada 2021.

Melansir cnnindonesia.com, Selasa (31/5/2022) Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan bahwa secara keseluruhan, negara Indonesia dalam 10 tahun terakhir memang mengalami penurunan jumlah perokok, tapi sayangnya untuk perokok dewasa terus meningkat.

BACA JUGA :  KLHK Gelar Kick Off Meeting, Siti Nurbaya Targetkan RPP PPPLH Selesai Juli 2024

“Dari data yang ditemukan, GATS menunjukan total jumlah perokok di Indonesia pada 2021 selama survei dilakukan sebanyak 70 juta atau 34,5 persen dari total keseluruhan penduduk. Rata-rata penduduk Indonesia yang merokok tembakau adalah laki-laki,” kata Santet seperti mengutip CNN Indonesia.

Kata Dante, bukan cuma tembakau, sebanyak 6,3 juta pendudukan Indonesia juga menghisap rokok elektrik. Jumlah ini meningkat 10 kali lipat dalam sepuluh tahun terakhir, dari yang semula 0,3 persen pada 2011 menjadi 3 persen pada 2021.

BACA JUGA :  PENTINGNYA SERAGAM SEKOLAH UNTUK KEBERSAMAAN

Meski jumlah perokok dewasa ditemukan meningkat, namun survei juga menemukan adanya kelompok orang yang berniat untuk berhenti merokok. Sebanyak 63,4 persen mengaku punya keinginan untuk berhenti. Namun, hanya 43,8 persen di antaranya yang benar-benar melakukan upaya tersebut.

============================================================
============================================================
============================================================