mandi
Ilusrasi mandi

BOGOR-TODAY.COM, JAKARTA – Selama pandemi, Anda telah berulang kali mendengar betapa pentingnya mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari virus corona. Dan karena itu benar, mungkin Anda berasumsi bahwa menggosok bagian tubuh lainnya secara teratur mungkin merupakan ide yang bagus juga.

Namun belum tentu, ternyata, mandi yang berlebihan justru bisa lebih banyak ruginya daripada manfaatnya. Menurut seorang dokter, sebenarnya Anda hanya perlu membasuh tiga bagian tubuh dengan sabun: ketiak, selangkangan, dan kaki.

BACA JUGA :  Ketua DPRD Kota Bogor Ucapkan Terimakasih Kepada Bima dan Dedie di Acara Pisah Sambut

Bagaimana dengan sisanya? Bilas sederhana dengan air semua yang Anda butuhkan.

Sandy Skotnicki, MD, asisten profesor dermatologi di University of Toronto, baru-baru ini mengatakan kepada The Atlantic bahwa menggosok tubuh Anda dari kepala hingga kaki dengan sabun dan air dapat menyebabkan masalah seperti eksim dan kondisi kulit lainnya.

Sebaliknya, dia mengatakan untuk hanya fokus pada “bagian” tertentu, yang “berarti ketiak, selangkangan, dan kaki Anda.”

Jika Anda menggosok seluruh tubuh Anda dengan sabun, Anda berisiko menghancurkan bakteri berguna yang membantu mikrobioma Anda membedakan antara kuman baik dan kuman jahat, Robynne Chutkan, MD, pendiri Pusat Pencernaan Wanita di Chevy Chase, Maryland, mengatakan kepada Health.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 26 April 2024

Tubuh Anda membutuhkan bakteri tertentu, katanya, dan ketika Anda menghilangkannya dari kulit Anda dengan mencuci dengan sabun, itu menurunkan kekebalan Anda terhadap virus tertentu, yang membuat Anda berisiko lebih tinggi sakit.

============================================================
============================================================
============================================================