Oleh : Heru B Setyawan (Guru SMA Pesat School Of Talent)

YANG  kaya makin kaya, yang miskin makin miskin adalah syair lagu yang berjudul “Indonesia” yang sangat terkenal dari Bang Haji Oma Irama. Pada jaman Orde Baru (Orba) gara-gara lagu ini Bang Haji Oma Irama sempat dicekal tidak boleh tampil di TVRI (Televisi Republik Indonesia).

TVRI adalah satu-satunya televisi yang ada di Indonesia pada waktu itu, sebelum adanya televisi swasta seperti TPI, RCTI, dan SCTV pada tahun 1990 an.

BACA JUGA :  2 Kali Erupsi Jumat Pagi Ini, Gunung Semeru Letuskan 500 Meter di Atas Puncak

Dan ternyata apa yang dikatakan Bang Haji Oma Irama dalam syair lagu tersebut benar adanya, bahkan sampai sekarang, hal ini masih terjadi.

Menurut data Dr. Syafii Antonio, 1 % oligarki atau orang kaya menguasai 75 % kekayaan di Rusia, 1 % oligarki atau orang kaya menguasai 58 % kekayaan di India, 1 % oligarki atau orang menguasai 58 % kekayaan di Thailand dan 1 % oligarki atau orang kaya menguasai 47 % kekayaan di Indonesia.

BACA JUGA :  Hilang Sejak Lebaran, Lansia Penderita Stroke Ditemukan di Dalam Sumur

Untuk Indonesia 1 % oligarki orang kaya menguasai 47 % kekayaan di Indonesia, artinya orang Indonesia yang kaya, kayanya banget, sementara yang miskin, miskinnya banget, dan ini sesuai dengan syair lagu tersebut. Hal ini bisa dilihat dengan mudah jika kita lihat situasi kehidupan masyarakat Indonesia dewasa ini.

============================================================
============================================================
============================================================