Sedangkan di Minahasa Tenggara yakni di Pantai Lakban, Ratatotok juga masuk peta rentan likuefaksi. “Sampai ke Tutuyan, Bolaang Mongondow Timur, dan berlanjut ke Bolaang Mongondow Selatan. Daerah ini hampir semua yang banyak permukiman rawan dan kecenderungan tinggi yang ada pantai,” ungkap alumni Spesialisasi Perencanaan dan Pengelolaan Pantai dan Daerah Aliran Sungai Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (UGM) ini.

BACA JUGA :  Jelang Pilkada 2024, Pj Wali Kota Bogor Ingatkan Jaga Netralitas ASN

Menurut Agus, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemerintah agar meminimalisasi terjadi kerugian materiil maupun korban jiwa.

“Biasanya endapan aluvial dalam, jadi kalau mau membangun di pesisir pantai tiang panjang jangan hanya sampai kedalaman tertentu saja, tapi sampai batu dasar,” sarannya.

Ahli Madya Sistem Informasi Geografi ini menjelaskan, itu harus dilakukan agar bagunan tidak ambruk.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Kamis 16 Mei 2024

“Makanya tidak bole asal-asalan bangun. Kalau konstruksi bangunan tinggi, ya tiang panjang sampai batu dasar,” sebut Agus. “Itu akan aman, tapi kalu hanya dua hingga tiga meter bisa bahaya. Begitu juga pembangunan jembatan di sekitar itu (pesisir pantai) dibutuhkan penelitian tanah juga,” sambungnya. –(Net).

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================