Desa Wisata Bojongkulur
Direktur Standardisasi Kompetensi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Titik Lestari meresmikan Desa Wisata Bojongkulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Sabtu (18/06/2022). Foto : Fadilah/bogor-today.com

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR– Direktur Standardisasi Kompetensi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Titik Lestari meresmikan Desa Wisata Bojongkulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Sabtu (18/06/2022).

Peresmian ditandai dengan penyerahan dayung kepada pemandu wisata dan pelepasan tali perahu. Dan dilanjutkan dengan kegiatan Susur sungai.

Titik Lestari menjelaskan bahwa pengelola desa wisata harus dapat memperhatikan tiga hal yakni adaptasi, kolaborasi, dan inovasi.

Menurut Titik, saat ini  desa wisata menjadi tren kunjungan wisatawan domestik maupun  mancanegara. Agar lebih dikenal, Titik menyarankan agar pihak pemerintah maupun swasta diajak bekerjasama.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Kamis 25 April

Sebagai informasi, untuk kategori desa, Bojongkulur merupakan sebuah desa dengan penduduk terpadat di Indonesia. Populasinya mencapai 70.000 jiwa lebih, tersebar di 41 RW.

Oleh sebab itu, Titik menjadikan Bojongkulur sebuah desa wisata yang dianggap memiliki banyak pihak sebagai langkah yang tepat untuk ditempuh oleh Kepala Desa Bojongkulur, Firman Riansyah, dan jajarannya.

Adaptasi terkait dengan potensi yang dimiliki desa wisata, kata Titik termasuk di dalamnya adalah keunikan yang harus ditonjolkan. Sementara untuk kolaborasi harus dibangun dengan berbagai pihak agar upaya pengembangan desa wisata mendapat dukungan sarana dan prasarana.

BACA JUGA :  Sejarah Baru, Timnas Indonesia Melaju ke Semifinal Piala Asia U-23

Titik mencontohkan, inovasi tersebut sudah dikembangkan di destinasi wisata kuliner di Dermaga6 tepi Sungai Cikeas, tepatnya Vila Nusa Indah 3 Blok KD, RT.06/36. Dimana dapur untuk menyajikan masakan berada di rumah sejumlah warga.

============================================================
============================================================
============================================================