Kampung Empang
Sepenggal Kisah Kampung Empang Bogor Tempo Dulu. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGORKampung Empang merupakan salah satu kawasan di Kota Bogor. Tempat ini mudah dicapai. Dari bundaran Bogor Trade Mall (BTM), Anda diarahkan ke Jalan Raden Saleh. Ujung jalan ini adalah persimpangan alun-alun Empang yang diikuti dengan pohon karet kebo yang besar serta teduh.

Kampung Empang dikenal sebagai kawasan yang banyak didominasi oleh keturunan Arab turunan Hadramaut, Yaman. Sehingga sering pula disebut kampung Arab.

Nah, kali ini tim bogor-today.com akan mencoba mengulas asal usul nama Kampung Empang.

Melansir dari sejarahbogor.com, Sabtu (18/6/2022) kampung yang dahulu bernama Kampung Sukahati ini masih berupa lapangan yang luas yang dipenuhi rawa-rawa. Mulai dari alun-alun sampai pinggiran Sungai Cisadane hingga ke tebing di Gang Ampera masih merupakan kawasan hutan yang cukup lebat.

BACA JUGA :  Seleksi Paskibraka Kota Bogor Dibuka, Pendaftaran Online Jaring 36 Siswa

Pada tahun 1579, kawasan ini pernah terjadi pertempuran hebat antara laskar Banten dengan pasukan Pajajaran. Peperangan hebat terjadi dengan melibatkan ratusan pasukan yang menggunakan berbagai senjata mulai dari parang, tombak kujang, panah, dan batu-batu besar yang digelindingkan dari atas bukit Bondongan.

Sebelum berhasil mencapai benteng Pakuan, musuh sudah tunggang langgang menghindari ribuan anak panah yang melejit lepas dari busurnya, belum lagi batu-batu besar yang siap menindih tubuh dilemparkan dari atas bukit Bondongan. Sebagian laskar musuh sampai jatuh terperosok ke dalam parit di bawah.

BACA JUGA :  Mau Traveling Kemana? Ini Dia Daftar 10 Hotel Terbaik di Dunia 2024, Dijamin Tak Mengecewakan

Serangan hari pertama musuh mengalami kegagalan menembus benteng Pakuan Pajajaran. Menjelang malam hari, perang pun berhenti. Suara aduan senjata berubah menjadi suara rintihan pilu dari para mereka yang terluka.

Sebagian mayat yang tergeletak menjadi mangsa binatang buas seperti harimau dan anjing liar atau ajag.

============================================================
============================================================
============================================================