8 negara
8 negara ini trekenal dengan wisata medis. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM – Biasanya jika berwisata para pengunjung atau wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan alam, mencicipi aneka kuliner khas, berpetualang di alam liar atau hanya sekedar membeli souvenir. Namun, 8 negara ini justru terkenal akan wisata medisnya.

Mengutip klikdokter.com, Minggu (19/6/2022) dr. Jessica Florencia menyebut wisata medis merupakan wisata yang bertujuan untuk berobat atau melakukan pemeriksaan kesehatan ke luar negeri, bisa karena fasilitasnya lebih lengkap dan canggih atau pelayanan yang lebih baik.

Menurutnya, wisata medis merupakan suatu istilah yang muncul saat bepergian ke negara lain untuk mendapatkan penanganan, pemeriksaan, atau pengobatan medis. Ada banyak faktor yang memengaruhi keputusan untuk melakukan wisata medis, di antaranya adalah teknologi yang lebih canggih, prosedur khusus yang tak tersedia di negara asal yang lebih baik, akses yang lebih cepat, atau biaya yang lebih terjangkau.

Baca Juga :  Manjakan Pengunjung, Perumda PPJ Akan Bangun Akses Bus ke Area Pasar Jambu Dua

Bagi pelancong wisata medis yang berasal dari negara-negara maju, umumnya wisata medis dilakukan karena harga yang lebih terjangkau dengan kualitas yang tak berbeda jauh. Dengan berbagai risiko yang ada dalam mendapatkan suatu tindakan medis di luar negara sendiri, maka harga yang lebih terjangkau menjadi daya tarik yang sulit untuk ditolak.

Bagi pasien-pasien di negara dengan pengaturan ketat pada akses layanan kesehatan, menyebabkan warga tersebut ingin mencari layanan medis dengan akses yang lebih mudah dan lebih cepat. Memang, pada beberapa negara destinasi wisata medis, terdapat akses khusus terhadap pelayanan kesehatan bagi turis luar negeri sehingga menjadi lebih cepat.

Baca Juga :  Angka Pernikahan di Kabupaten Bogor Mengalami Penurunan, Ini Sebabnya 

Selain itu, beberapa pelancong wisata medis juga pergi ke negara lain untuk secara khusus ingin mendapatkan tindakan medis yang tidak tersedia di negara asalnya. Misalnya terapi sel punca, yang di beberapa negara maju punya aturan yang sangat ketat.