BOGOR-TODAY.COM – Secara umum, jenis kulit wajah terbagi menjadi beberapa tipe, yaitu jenis kulit normal, kulit kering, kulit kombinasi, kulit sensitif, dan kulit berminyak.

Kulit sensitif cenderung kering, mudah mengalami iritasi dan sering mengelupas, serta terasa perih ketika terpapar zat tertentu, seperti polusi dan bahan kimia dalam produk kosmetik atau sabun.

Untuk menjaga kondisi kulit wajah tetap sehat, anda harus melakukan perawatan sesuai dengan tipe kulit. Nah cara merawat kulit wajah yang sensitif, anda bisa melakukan tips yang kami berikan sebagai berikut.

Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif dan Kering

Berikut ini adalah panduan merawat kulit sensitif dan cenderung kering yang dapat Anda coba lakukan:

  1. Bersihkan wajah secara rutin

Agar tetap bersih dan sehat, kulit wajah perlu dicuci 2 kali sehari pada pagi hari dan menjelang tidur malam.

Saat mencuci wajah, gunakan sabun pembersih wajah berbahan kimia lembut dan hindari menggosok wajah terlalu kuat. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih secara perlahan.

  1. Gunakan pelembab

Kulit wajah sensitif rentan kering dan mengelupas. Oleh karena itu, oleskan pelembab di wajah secara rutin setelah mandi dan cuci muka. Namun, pemilik kulit wajah sensitif perlu lebih selektif dalam memilih pelembap.

BACA JUGA :  Edgar Rangga Wakili Indonesia di Kejuaraan Dunia Fingerboard 2024

Untuk melembapkan kulit wajah yang sensitif, sebaiknya pilih pelembap yang mengandung petrolatum, dimethicone, hyaluronic acid, ceramide, atau niacinamide. Bahan-bahan tersebut cenderung aman dan baik untuk merawat kulit sensitif.

  1. Gunakan tabir surya dan hindari paparan sinar matahari

Hindari paparan sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama karena dapat menyebabkan kulit semakin sensitif dan mengalami iritasi.

Bila Anda harus beraktivitas di luar ruangan saat matahari sedang terik, gunakan sunscreen khusus untuk kulit sensitif dengan SPF 30 atau lebih. Selain itu, kenakan pakaian yang menutupi seluruh permukaan tubuh, topi lebar, dan kacamata hitam.

  1. Pilih produk perawatan yang ramah di kulit

Usahakan untuk menggunakan produk yang minim bahan kimia atau memiliki formulasi yang tidak menyebabkan iritasi kulit. Hindari menggunakan toner, astringen, dan produk perawatan kulit wajah yang mengandung alkohol, asam glikolik, dan pewangi.

Lebih baik pilihlah produk dengan bahan dasar alami, seperti lidah buaya, chamomile, atau teh hijau. Selain itu, pemilik kulit sensitif juga disarankan untuk membatasi penggunaan eksfoliator atau scrub wajah karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

  1. Batasi waktu mandi
BACA JUGA :  Kakek 62 Tahun di Lebak Tewas Tenggelam usai Kumpul dengan Teman di Sungai Cibereum

Pemilik kulit sensitif dan cenderung kering disarankan untuk mandi tidak lebih dari 10 menit. Hindari pula mandi dengan air panas karena dapat menghilangkan produksi minyak di wajah dan menyebabkan wajah menjadi kering. Mandilah dengan air biasa atau air yang sedikit hangat untuk merawat kulit sensitif.

  1. Jalani pola hidup sehat

Selain kelima cara di atas, pemilik kulit sensitif dan kering juga perlu menjalani pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan kulit wajahnya. Cara tersebut bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, serta cukup minum air putih.

Untuk merawat kulit sensitif, Anda juga perlu menghindari stres dan paparan polusi, misalnya asap rokok, karena kedua hal tersebut bisa menyebabkan kulit mudah iritasi dan tampak kusam.

Itu dia tadi cara merawat kulit wajah yang sensitif, semoga tips yang kami berikan bermanfaat untuk kamu yang memiliki kulit wajah yang sensitif. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================