Wabah PMK
Wabah PMK di Kota Bogor Melonjak, Pemerintah Imbau Masyarakat Tetap Tenang.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Angka wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku di Rumah Potong Hewan (RPH) Bubulak, Kota Bogor mengalami lonjakan. Tercatat, hingga Selasa (21/6/2022) jumlah yang terjangkit mencapai 488 ekor.

“Saat ini ada 488 ekor yang recovery atau pemulihan berproses menuju normal. Memang tak terhindarkan di 22 provinsi seluruh Indonesia terdampak PMK,” ungkap Wali Kota Bogor, Bima Arya, saat meninjau RPH Bubulak bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bogor, Selasa (21/6/2022).

BACA JUGA :  Kembang Kol Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Bantu Turunkan Berat Badan

Bima melanjutkan, untuk yang suspek semua otomatis, hanya ada satu yang mati dan bergejala 54 ekor. Untuk itu kami mengambil kebijakan untuk menutup arus keluar masuk hewan ternak ini hingga 29 Juni 2022.

“Kami akan awasi terus di wilayah agar tidak terjadi penjualan yang tidak bisa dimonitor, langkah berikutnya akan diberikan vitamin dan suplai obat-obatan untuk hewan-hewan ini,” tegas Bima.

BACA JUGA :  Jelang Akhir Masa Tugas, Wali Kota Bogor Titip Pesan Regenerasi dan Kesejahteraan Keluarga

Menurut Bima, untuk hal konsumsi tidak ada masalah baik daging maupun susu. “Setelah dimasak sudah baik, Namun sebaiknya jeroan dan kepala tidak di konsumsi dahulu. Saya kira itu,” jelasnya.

============================================================
============================================================
============================================================