Darah tinggi naik ini bisa disebabkan karena salah mengonsumsi makanan dan pola hidup yang kurang sehat.

Agar darah tinggi tidak naik, sebaiknya hindari makanan penyebab darah tinggi berikut.

  1. Makanan Berlemak

Penyebab darah tinggi naik yang pertama, yaitu karena sering mengonsumsi makanan berlemak, seperti produk olahan susu sapi, kulit ayam, daging merah dan jeroan. Karena makanan ini mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang bisa menyebabkan gagal jantung dan stroke.

  1. Kafein

Selain makanan, kamu juga bisa menghindari atau mengurangi minuman yang memiliki kandungan kafein seperti teh atau kopi. Walaupun sebenarnya kopi dan teh memiliki manfaat lain untuk tubuh, tetapi kandungan kafein bisa menyebabkan tekanan darah lebih cepat, sehingga berisiko terkena darah tinggi naik dan serangan jantung.

  1. Makanan Tinggi Garam

Garam adalah penyedap rasa yang bisa membuat rasa makanan menjadi lebih asin. Namun kelebihan garam di dalam tubuh, bisa menyebabkan darah tinggi naik dan mengganggu keseimbangan cairan di dalam tubuh. Saat keseimbangan cairan tidak seimbang, kondisi ini menyebabkan pembuluh darah mengecil dan membuat jantung memompa darah lebih kuat.

  1. Gula Tambahan
BACA JUGA :  Baliho di Jalan Raya Sawangan Depok Roboh Diterjang Hujan Deras, Timpa Innova

Terlalu sering mengonsumsi makanan manis yang memiliki kandungan gula tambahan, bisa menyebabkan darah tinggi naik. Karena gula bisa meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh, dan menyebabkan penyakit diabetes serta obesitas. Untuk itu kurangi mengonsumsi gula tambahan.

  1. Acar

Mungkin bagi sebagian orang senang mengonsumsi acar, sebagai makanan pendamping. Padahal acar sangat berbahaya untuk kesehatan jantung, dan menyebabkan darah tinggi naik. Hal ini disebabkan karena acar terbuat dari rendaman timun dengan cuka dan garam, yang membuat mentimun menjadi penyerap natrium.

  1. Daging Olahan

Untuk menghindari darah tinggi naik, sebaiknya hindari mengonsumsi daging olahan seperti sosis, dendeng, bakso dan semacamnya. Daging olahan ini diproses melalui pengasinan, fermentasi, dan pengasapan, untuk mengawetkan daging tersebut. Proses tersebut bisa menyebabkan daging olahan menjadi berlemak dan meningkatkan kadar garam dalam daging.

  1. Makanan Beku
BACA JUGA :  Kementrian PUPR Buka Formasi Seleksi CPNS 2024 Setelah Lebaran! Ini Dia Syarat dan Tanggal Pendaftarannya

Mengonsumsi makanan beku atau frozen food bisa menyebabkan darah tinggi naik. Makanan beku memiliki kandungan tinggi natrium dan bahan pengawet, yang berbahaya untuk kesehatan jantung. Apalagi makanan beku diproses dengan berbagai macam cara, yang bisa meningkatkan kandungan lemak jahat dalam makanan tersebut.

  1. Sup Kalengan

Makanan penyebab darah tinggi naik adalah sup kalengan. Di dalam sup kalengan terdapat kandungan tinggi gula, yang menyebabkan kadar natrium naik dan memicu darah tinggi naik. Sebaiknya jangan mengonsumsi sup kalengan atau makanan instan lainnya, karena tidak baik untuk kesehatan.

  1. Sayur Kemasan

Sayur memang makanan yang baik untuk dikonsumsi. Karena sayur memiliki kandungan vitamin dan mineral lengkap, yang bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Namun sebaiknya hindari mengonsumsi sayur kemasan, karena sayur tersebut sudah tidak segar, mengandung pengawet dan bisa membuat darah tinggi naik.

Nah itu dia tadi makanan yang menyebabkan darah tinggi naik yang perlu kamu hindari.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================