Makanan Penyebab Perut Buncit yang Perlu Dihindari

BOGOR-TODAY.COM Perut buncit adalah kondisi saat perut memiliki banyak kelebihan lemak. Kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai macam faktor, salah satunya pola makan yang tidak sehat.

Makanan penyebab perut buncit sering dikonsumsi sehari-hari karena dianggap memiliki cita rasa yang lebih lezat dibandingkan makanan sehat. Apabila kebiasaan ini diteruskan, perut Anda akan semakin membesar. Selain itu, Anda menjadi lebih berisiko terserang penyakit-penyakit seperti obesitas, diabetes tipe 2, sakit jantung, dan kanker.

Untuk mencegah penumpukan lemak yang menyebabkan perut buncit harus menghindari makanan yang jadi pemicunya seperti makanan manis, berlemak, hingga fast food.

Agar kondisi ini tidak Anda alami, ada beberapa makanan penyebab perut buncit yang sebaiknya dihindari. Makanan apa sajakah itu?

Berikut ini beragam makanan yang membuat perut buncit jika dikonsumsi secara berlebihan:

  1. Makanan manis

Makanan manis seperti kue dan permen umumnya mempunyai kandungan gula yang tinggi. Tubuh memang membutuhkan gula sebagai sumber energi dalam tubuh, namun jumlahnya yang berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan.

Sebuah studi menunjukkan hubungan antara asupan gula berlebihan dengan meningkatnya jumlah lemak di perut. Selain membuat perut buncit, konsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi juga memicu penurunan sensitivitas insulin dan meningkatkan risiko diabetes.

  1. Makanan berkarbohidrat
BACA JUGA :  Film Kiblat Menuai Kontroversi, MUI Beri Alasannya

Karbohidrat memang diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi. Namun, konsumsinya secara berlebihan dapat menjadi penyebab perut buncit. Oleh sebab itu, Anda harus bisa mengontrol asupan karbohidrat yang masuk dalam tubuh agar tidak memicu penumpukan lemak. Makanan dengan karbohidrat yang membantu menjaga lemak perut tetap rendah, di antaranya ubi jalar dan nasi merah.

  1. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji seperti pizza memiliki jumlah kalori yang tinggi. Selain itu, makanan ini umumnya dibuat dengan menggunakan bahan yang tidak sehat seperti tepung dan daging olahan.

Apabila Anda ingin menikmati makanan-makanan seperti yang dijual di restoran cepat saji, cobalah untuk membuatnya sendiri. Dengan begitu, Anda bisa mengontrol bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya.

  1. Makanan berlemak

Lemak merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi mengonsumsinya secara berlebihan akan membuat perut menjadi buncit. Ada 3 jenis lemak makanan yang membuat perut buncit, di antaranya lemak trans, lemak jenuh, dan lemak omega-6.

Lemak-lemak ini terkandung di dalam makanan seperti daging berlemak tinggi, susu full cream, permen (lemak jenuh), makanan kemasan (lemak trans), minyak jagung, minyak kedelai, dan minyak biji bunga matahari (lemak omega-6). Tidak hanya menjadi makanan penyebab perut buncit, konsumsinya secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

  1. Makanan yang digoreng
BACA JUGA :  Turunkan Berat Badan dengan Air Lemon, Ini Dia 3 Cara Membuatnya

Jika Anda tidak ingin memiliki perut buncit, sebaiknya hindari makanan-makanan yang diolah dengan cara digoreng. Tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna gorengan karena tingginya kandungan lemak. Akibatnya, konsumsi dalam jumlah banyak makanan yang digoreng mengakibatkan perut buncit karena penumpukan lemak.

  1. Daging olahan

Daging olahan seperti kornet dan sosis merupakan salah satu makanan yang digemari banyak orang karena mudah untuk disajikan dan memiliki cita rasa enak. Sayangnya, konsumsi daging olahan secara berlebihan dapat membuat perut menjadi buncit karena punya kandungan kalori dan lemak yang tinggi.

Selain itu, sering mengonsumsi makanan ini juga meningkatkan risiko Anda terserang penyakit jantung dan stroke. Daging olahan juga tidak baik untuk kesehatan pencernaan karena minim akan kandungan serat.

  1. Makanan dengan kandungan garam tinggi

Camilan seperti keripik kentang merupakan salah satu pantangan makanan untuk perut buncit. Jenis makanan ini perlu dihindari karena umumnya memiliki kandungan garam tinggi. Asupan garam yang berlebihan membuat tubuh menahan banyak air dan menyebabkan penumpukan lemak di tubuh, termasuk perut.

Itu dia tadi jenis-jenis makanan yang menyebabkan perut buncit yang perlu kamu hindari.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================