Piala Dunia 2022 Qatar
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi produksi bola Piala Dunia 2022 di PT Global Wei Indonesia (GWI) di Madiun, Jawa Timur.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Federation Internationale de Football Association atau FIFA resmi meluncurkan Al Rihla, bola resmi yang bakal digunakan sepanjang turnamen Piala Dunia 2022 Qatar yang akan digelar pada November 2022 mendatang.

Meski Indonesia tak turut serta pada ajang olahraga terbesar tersebut, namun tetap berkontribusi di Piala Dunia 2022 Qatar.

Faktanya, Al Rihla merupakan bola yang diproduksi oleh PT Global Wei Indonesia (GWI) di Madiun, Jawa Timur.

Perusahaan tersebut dipercaya untuk membuat 50.000 bola Piala Dunia 2022 dengan kualitas terbaik.

Piala Dunia 2022 Qatar

Mengenal Al Rihla

Mengutip dari berbagai sumber, pada akhir Maret 2022, Adidas resmi meluncurkan Al Rihla sebagai bola resmi Piala Dunia 2022 Qatar.

Al Rihla adalah bola ke-14 yang diciptakan oleh Adidas untuk turnamen sepak bola terbesar di dunia dan dirancang untuk mendukung permainan dengan kecepatan tinggi karena bergerak lebih cepat dalam penerbangan daripada bola lainnya.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Raih Penghargaan Terbaik Pertama Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards Tahun 2024 Tingkat Nasional

Al Rihla diartikan sebagai “perjalanan” dalam bahasa Arab dan telah terinspirasi oleh arsitektur, perahu ikonik, dan bendera Qatar. Bola ini dirancang dengan mengutamakan lingkungan dan merupakan bola Piala Dunia pertama yang dibuat hanya menggunakan tinta dan lem berbahan dasar air.

Terdapat dua desain teknologi baru tersebut adalah CTR-CORE dan Speedshell.

CTR-CORE adalah bagian inti bola yang inovatif didesain untuk meningkatkan akurasi dan konsistensi, mendukung permainan yang cepat dan tepat dengan retensi bentuk dan udara yang maksimum.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Kontra Korea Selatan di 8 Besar Piala Asia U-23

Speedshell merupakan kulit polyurethane (PU) pada bola yang memiliki tekstur mikro dan makro serta dilengkapi dengan bentuk panel dengan 20 bagian terbaru, yang meningkatkan aerodinamika untuk meningkatkan akurasi, stabilitas, dan tembakan yang tajam.

Desain Al Rihla sengaja dibuat dengan identitas tuan rumah, yakni Qatar. Pada desain tersebut terdapat tiga warna bendera, arsitektur unik serta gambar perahu ikonis.

Al Rihla adalah bola Piala Dunia pertama dalam 92 tahun sejarah turnamen yang secara langsung akan berkontribusi dalam penggalangan dana untuk memberi dampak positif bagi kehidupan di seluruh dunia, dengan 1 persen dari penjualan bersih Al Rihla disumbangkan ke gerakan Common Goal. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================