Tekan Angka Pertumbuhan Penduduk, DP3AP2KB Adakan Layanan KB MOW dan MOP Serentak

dp3ap2kb
BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor  sinergi dengan Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr. M. Hassan Toto Lanud Atang Sendjaja gelar layanan Keluarga Berencana (KB) serentak sejuta akseptor kepada masyarakat Kabupaten Bogor

Layanan KB kali ini dengan Metode Operasi Wanita (MOW) dan Metode Operasi Pria (MOP), yang berlangsung di RSAU dr. M. Hassan Toto Lanud Atang Sendjaja, Kamis (23/6/22).

dp3ap2kb

Layanan KB MOW dan MOP serentak merupakan kerjasama yang dilakukan antara Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bogor dengan  RSAU dr. M. Hassan Toto Lanud Atang Sendjaja, yang dilakukan sebagai upaya dalam menekan laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Bogor yang saat ini sudah mulai over load, juga dalam rangka memperingati Hari Bakti TNI AU yang ke-75 dan Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-29 tahun 2022.

“Pada hari ini kami Pemkab Bogor berkolaborasi dengan Rumah Sakit dr. M. Hassan Toto melalui pelayanan KB MOW dan MOP untuk memberikan perlindungan kepada pasangan usia subur, khususnya kepada ibu/wanita tentang kesehatan reproduksinya, menjaga kesehatan diri dan anaknya.

Ini merupakan anugerah luar biasa bagi Pemkab Bogor karena didukung sepenuhnya oleh Danlanud dan Kepala RSAU  dr. M. Hassan Toto dan jajarannya,” ujar Sekda Burhanudin saat menghadiri kegiatan layanan KB serentak.

Menurutnya, Program KB adalah program nasional yang masih harus terus dilakukan dan disukseskan khususnya di Kabupaten, salah satunya melalui layanan KB serentak dengan target satu juta akseptor pada tahun 2022 ini.

BACA JUGA :  5 Tips Agar HP Android Tidak Lemot, Wajib Simak Ini

“Melalui MOW dan MOP ini kami ingin mengatur kelahiran supaya anaknya sehat, ibunya juga sehat. Alhamdulilah hari ini sebanyak 130 peserta yang mengikuti layanan KB MOW dan MOP,” terang Burhanudin.

dp3ap2kb

Perlu diketahui pada Peringatan Hari Keluarga Nasional ini, Pemerintah Kabupaten Bogor mengusung tema “Keluarga Bebas Stunting” dan Pemkab Bogor telah berkomitmen untuk mencapai zero stunting di tahun 2023, melalui empat kegiatan unggulan Harganas yakni, bapak asuh anak stunting, sepekan elsimil, semarak kampung KB, dan pelayanan KB serentak sejuta akseptor (PSA).

Program Keluarga Berencana merupakan bagian dari pencegahan stunting terintegrasi dan program sejuta akseptor KB ini telah dimulai serentak sejak 15 Juni 2022 di seluruh Kabupaten Bogor.

Berkaitan dengan upaya penurunan stunting, berdasarkan hasil pemantauan status gizi balita melalui kegiatan Bulan Penimbangan Balita (BPB) prevalensi stunting di Kabupaten Bogor tahun 2022  semakin baik, yaitu sebesar 9,89% lebih rendah 2,8% dibanding tahun 2021 yaitu 12,69%.

Terlebih dengan dukungan penuh dari jajaran TNI angkatan udara – Lanud ATS, bahkan jajaran TNI AU Lanud ATS ini selalu menjadi bagian tak terpisahkan dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Bogor. Bahkan di masa terberat pandemi Covid-19 pengabdian dan kontribusi TNI AU diberikan melalui operasi penanganan medis/non medis,  bakti sosial, program vaksinasi, dan sebagainya.

“Atas nama Pemkab Bogor kami sangat berterima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Danlanud dan Kepala RSAU  dr. M. Hassan Toto. Mudah-mudahan ke depan kerjasama seperti ini terus dilanjutkan bahkan ditingkatkan karena kontribusi Danlanud dan Kepala RSAU  dr. M. Hassan Toto dalam penanganan pandemi juga bencana alam sangat luar biasa, saya rasa sudah banyak sekali berkiprah kepada Pemkab Bogor,” tandasnya.

BACA JUGA :  7 Manfaat Buncis untuk Kesehatan, Nomor Terakhir Harus Diketahui Semua Orang

Ditempat yang sama, Komandan Pangkalan TNI AU Sendjaja,  Marsma TNI Suliono mengungkapkan bahwa kegiatan layanan Keluarga Berencana (KB) serentak sejuta Akseptor melalui MOW dan MOP ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Bakti TNI AU yang ke-75 dan Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-29 Tahun 2022 sekaligus upaya pencanangan sejuta Akseptor KB di Kabupaten Bogor.

“Dengan program ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga di Kabupaten Bogor, antusias masyarakat juga cukup tinggi terhadap layanan KB MOW dan MOP ini. Terima kasih kepada Pemkab Bogor telah memberikan kepercayaan yang baik kepada kami khususnya kerjasama antara DP3AP2KB dengan RSAU dr. M. Hassan Toto semoga ke depan bisa lebih ditingkatkan,” imbuh Marsma TNI Suliono

Peserta KB MOW atau salah satu warga Kabupaten Bogor, Neni Adriani mengaku senang dengan adanya layanan KB serentak yang diadakan Pemkab Bogor dan RSAU dr. M. Hassan Toto Lanud Atang Sendjaja. “Alhamdulilah kami sangat terbantu karena gratis, jadi bisa KB MOW sekaligus membantu menyukseskan program pemerintah,” katanya.

Turut hadir di kegiatan Layanan KB Serentak Sejuta Akseptor yakni, Kepala DP3AP2KB dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor dan Kepala  RSAU Dr. M. Hassan Toto Lanud Atang Sendjaja. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================