Tekan Angka Pertumbuhan Penduduk, DP3AP2KB Adakan Layanan KB MOW dan MOP Serentak

dp3ap2kb
BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor  sinergi dengan Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr. M. Hassan Toto Lanud Atang Sendjaja gelar layanan Keluarga Berencana (KB) serentak sejuta akseptor kepada masyarakat Kabupaten Bogor

Layanan KB kali ini dengan Metode Operasi Wanita (MOW) dan Metode Operasi Pria (MOP), yang berlangsung di RSAU dr. M. Hassan Toto Lanud Atang Sendjaja, Kamis (23/6/22).

dp3ap2kb

Layanan KB MOW dan MOP serentak merupakan kerjasama yang dilakukan antara Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bogor dengan  RSAU dr. M. Hassan Toto Lanud Atang Sendjaja, yang dilakukan sebagai upaya dalam menekan laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Bogor yang saat ini sudah mulai over load, juga dalam rangka memperingati Hari Bakti TNI AU yang ke-75 dan Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-29 tahun 2022.

Baca Juga :  Bali Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 4,4

“Pada hari ini kami Pemkab Bogor berkolaborasi dengan Rumah Sakit dr. M. Hassan Toto melalui pelayanan KB MOW dan MOP untuk memberikan perlindungan kepada pasangan usia subur, khususnya kepada ibu/wanita tentang kesehatan reproduksinya, menjaga kesehatan diri dan anaknya.

Ini merupakan anugerah luar biasa bagi Pemkab Bogor karena didukung sepenuhnya oleh Danlanud dan Kepala RSAU  dr. M. Hassan Toto dan jajarannya,” ujar Sekda Burhanudin saat menghadiri kegiatan layanan KB serentak.

Menurutnya, Program KB adalah program nasional yang masih harus terus dilakukan dan disukseskan khususnya di Kabupaten, salah satunya melalui layanan KB serentak dengan target satu juta akseptor pada tahun 2022 ini.

Baca Juga :  Menyingkap 10 Motif  Batik Paling Populer di Indonesia

“Melalui MOW dan MOP ini kami ingin mengatur kelahiran supaya anaknya sehat, ibunya juga sehat. Alhamdulilah hari ini sebanyak 130 peserta yang mengikuti layanan KB MOW dan MOP,” terang Burhanudin.

dp3ap2kb

Perlu diketahui pada Peringatan Hari Keluarga Nasional ini, Pemerintah Kabupaten Bogor mengusung tema “Keluarga Bebas Stunting” dan Pemkab Bogor telah berkomitmen untuk mencapai zero stunting di tahun 2023, melalui empat kegiatan unggulan Harganas yakni, bapak asuh anak stunting, sepekan elsimil, semarak kampung KB, dan pelayanan KB serentak sejuta akseptor (PSA).