BOGOR-TODAY.COM – Kebanyakan orang tidak peduli dengan posisi duduknya, hanya atas dasar nyaman tanpa memikirkan akibat yang terjadi dengan posisi duduk yang salah. Salah satu kebiasaan yang bisa menyebabkan cedera pada tulang belakang adalah tidak menerapkan posisi duduk yang benar.

Duduk merupakan posisi yang menopang tubuh yang bertumpu pada tulang belakang, pinggul dan otot paha. Posisi duduk yang salah apalagi dalam rentang waktu yang lama bisa menimbulkan risiko yang merugikan dan berbahaya bagi kesehatan tulang belakang.

“Kebiasaan jelek yang bisa membuat cedera itu adalah duduk yang salah. Terlalu merosot dari kursi apalagi kalau perutnya buncit.” Demikian jelas Dr. Luthfi Gatam, Sp.OT (K) Spine – Spesialis Bedah Orthopedi & Traumatologi Eka Hospital BSD, di Jakarta, belum lama ini.

Posisi duduk yang terlalu merosot di kursi itu, kata dokter Lutfhi, bisa membuat tulang belakang harus menahan beban berlebih ketika duduk terlalu lama. Terutama pada orang yang perutnya buncit. Kondisi tersebut membuat tulang belakang harus menopang dua beban sekaligus, yaitu dari tubuh dan perut. Padahal idealnya, tulang belakang hanya sanggup menahan beban ideal yang jaraknya tidak jauh dari posisi tulang.

BACA JUGA :  Minuman Segar dengan Es Jeruk Buah Potong untuk Takjil Dingin Kesukaan Keluarga

“Sudah gemuk, semua beban di perut jatuh lagi ke bawah. Makin berat beban yang ditumpu tulang belakang, akibatnya tulang belakang jadi bengkok,” tambah dia.

Pada posisi duduk yang salah, kemungkinan risiko cedera yang bisa terjadi bukan hanya tulang belakang bengkok.

Pada beberapa kasus, kebiasaan itu bisa menyebabkan nyeri di punggung, pinggang, pinggul, hingga menyebabkan saraf terjepit yang membutuhkan pengobatan medis.

Posisi duduk yang benar untuk cegah risiko cedera Mengingat risiko cedera yang bisa ditimbulkan akibat posisi duduk yang salah, kita dapat mengatur lagi posisi duduk yang tepat. Dokter Luthfi menyarankan agar kita menggunakan perangkat duduk yang memadai, misalnya duduk di kursi yang dilengkapi dengan sandaran di belakangnya.

BACA JUGA :  Catat 2 Lokasi Pelayanan SIM Keliling di Kabupaten Bogor, Sabtu 23 Maret 2024

“Duduk dengan sandaran itu adalah posisi aman untuk tulang belakang,” tambahnya.

Perhatikan pula posisi duduknya. Untuk mencegah cedera, pastikan duduk tegak atau posisi punggung menempel ke bagian sandaran kursi agar tidak cepat pegal. Perlu diketahui, fungsi sandaran kursi tersebut dapat mengurangi beban yang ditanggung tulang belakang dan pinggul saat kita duduk.

Kemudian hindari pula posisi punggung melengkung atau membungkuk ke arah depan. Bila diperlukan, kita juga bisa memanfaatkan bantal kecil yang diletakkan di belakang pinggul agar duduk terasa lebih nyaman.

Selain itu, hindari pula duduk terlalu lama dalam posisi yang sama. Setiap satu jam, kita disarankan melakukan peregangan atau sekadar jalan-jalan untuk mengurangi sensasi kekakuan otot dan tulang belakang.

“Setiap satu jam sekali kita perlu berdiri dan stretching. Tips ini juga berlaku untuk orang tua dan anak muda untuk mencegah cedera,” tandas dokter Luthfi. –(Net).

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================