BOGOR-TODAY.COM – Hari Raya Idul Adha adalah hari raya umat muslim. Momen ini diabadikan sebagai peringatan untuk menumbuhkan rasa kasih sayang dan kepedulian terhadap sesama.
Idul Adha identik dengan menyembelih hewan kurban berupa sapi, kambing, atau domba, dan membagikan dagingnya kepada orang-orang yang kurang mampu. Selain itu, tidak jarang juga keluarga akan berkumpul dan mengolah daging kurban bersama.

Indonesia dengan keanekaragaman budayanya memiliki berbagai tradisi untuk merayakan Lebaran Haji ini. Dilansir dari situs Wonderful Indonesia Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), berikut beberapa tradisi unik perayaan Idul Adha di Indonesia.

5 Tradisi Unik Idul Adha di Indonesia
1. Tradisi Apitan, Semarang
Tradisi Idul Adha yang pertama adalah Apitan di Semarang. Tradisi Apitan ini merupakan bentuk rasa syukur atas rezeki berupa hasil bumi yang diberikan oleh Yang Maha Esa.

Baca Juga :  Polisi Tangkap Pria Pengedar Tramadol dan Hexymer di Pandeglang

Di Semarang, tradisi ini biasa diisi dengan pembacaan doa yang dilanjutkan dengan arak-arakan hasil tani dan ternak. Nantinya, hasil tani yang diarak ini akan diambil secara berebutan oleh masyarakat setempat.

Tradisi ini dipercaya menjadi kebiasaan para Wali Songo dulu sebagai bentuk ungkapan rasa syukur di perayaan Idul Adha. Menurut Portal Resmi Pemerintah Kota Semarang, tradisi Apitan juga diramaikan dengan hiburan khas kearifan lokal yaitu pertunjukan wayang.

Baca Juga : 

2. Tradisi Manten Sapi, Pasuruan
Tradisi Manten Sapi adalah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Pasuruan. Tradisi ini adalah bentuk rasa syukur dan penghormatan kepada hewan kurban yang akan disembelih.

Daya tarik dari tradisi ini adalah sapi yang hendak dikurbankan akan didandani atau di-makeup secantik mungkin bak pengantin. Hewan tersebut juga dikalungkan bunga tujuh rupa, lalu dibalut dengan serban, sajadah, dan kain kafan sebagai tanda kesucian orang yang berkurban.

Setelah didandani, semua sapi akan diarak menuju masjid setempat untuk diserahkan kepada panitia kurban. Setelah disembelih, sapi akan diolah dan disantap bersama-sama.