Penyebab dan Cara Mencegah Gigi Berlubang yang Perlu Kamu Ketahui

BOGOR-TODAY.COM – Gigi berlubang adalah kondisi gigi yang rusak akibat terkikisnya lapisan terluar gigi (enamel). Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan bakteri di mulut akibat sering mengonsumsi makanan manis dan tidak menjaga kebersihan mulut.

Jika anda tidak ingin mengalami gigi berlubang, anda perlu mengetahui faktor-faktor penyebab gigi berlubang dan cara mencegahnya.

Faktor penyebab gigi berlubang

  1. Plak

Plak adalah penyebab utama gigi berlubang, karena plak merupakan lapisan lengket yang terdiri dari bakteri dan asam.

Plak Biasanya terkandung pada makanan atau minuman manis yang mengandung karbohidrat tertentu. Contohnya kue, permen, soda,  dan makanan manis lainnya.

Baca Juga :  Modus Tanya Alamat, Spesialis Bobol Rumah di Gianyar Gasak Barang Berharga

Apabila anda tidak segera periksakan kondisi kesehatan gigi anda ke dokter gigi maka akan menyebabkan gejala sakit gigi.

  1. Air liur yang terlalu sedikit

Air liur dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang terdapat di gigi dan mengurangi bakteri pada mulut yang menyebabkan pembusukan.

  1. Tidak cukup Flour

Flour merupakan zat alami mengandung mineral yang dapat mencegah dan memperbaiki lubang gigi pada tahap awal. Flour biasanya terkandung pada beberapa minuman dan makanan seperti teh, udang dan lain- lain.

  1. Kebiasaan buruk jarang menyikat gigi
Baca Juga :  Cita Citata Tulis Nama Didi Mahardika saat Pamer Cincin di Jari Manis

Apabila anda malas untuk sikat gigi makanan yang terdapat di rongga mulut anda akan menghasilkan asam yang akhirnya merusak jaringan gigi.

  1. Asam Lambung

Asam lambung dapat naik ke rongga mulut yang menyebabkan kondisi asam sehingga akan mengikis permukaan gigi. Apabila dibiarkan maka kondisi ini akan menyebabkan kerusakan gigi yang serius.