set up box
Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo, Usman Kansong. Foto : bogor-today.com

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Kementerian Komunikasi dan Informatika siapkan set up box gratis bagi 6,7 masyarakat miskin atau tidak mampu. Itu dilakukan agar masyarakat menengah kebawah dapat menikmati siaran televisi dalam bentuk digital yang saat ini tengah disosialisasikan secara masif.

Sebagai informasi, pemerintah mulai mengimplementasikan penghentian total siaran analog dan digital penuh atau Analog Switch Off (ASO) Tahap pertama. Sesuai Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Cipta Lapangan Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021, penghentian siaran analog dimulai tanggal 30 April 2022.

Persiapan penghentian tetap siaran analog televisi dan dimulainya siaran digital penuh televisi di Indonesia. Menurutnya, infrastruktur multipleksing di 56 wilayah siaran yang terdiri dari 166 kabupaten dan kota telah selesai dan siap digunakan.

BACA JUGA :  Cara Membuat Dendeng Batokok ala Restoran Padang yang Lezat Anti Gagal

Tahapan kedua dilakukan pada 25 Agustus 2022. Ini dilakukan pada 31 wilayah siaran di 110 kabupaten/kota. Lalu tahap terakhir dilakukan pada 2 November 2022, yakni pada 25 wilayah siaran di 63 kabupaten/kota.

Ditemui di Bogor, Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo, Usman Kansong menyebut bahwa ketersediaan set up box bagi masyarakat miskin jumlahnya 6,7 juta. Dengan rincian 5,7 juta disediakan oleh lembaga penyiaran publik dan lembaga penyiaran swasta atau yang biasa disebut penyelenggara multifleksing, sedangkan 1 juta lainnya itu disiapkan oleh pemerintah.

BACA JUGA :  384 Piala Penghargaan Kota Bogor Dipajang di Galeri dan Perpustakaan

“Ini adalah kendala-kendala yang kita temukan di lapangan. Tetapi kita terus berkoordinasi dengan penyelenggara multifleksing agar 6,7 juta ini dapat terpenuhi, karena memang ini untuk menunjukan bahwa negara hadir di tengah masyarakat,” ujar Usman saat ditemui dalam kegiatan webbinar “survey kesiapan masyarakat dalam mendukung era baru siaran tv digital” di Hotel Aston Sentul, Kabupaten Bogor, Rabu (6/7/2022).

Sementara, untuk masyarakat yang tidak masuk kategori masyarakat miskin yang jumlahnya lebih besar yakni 22 juta, kominfo terus menyosialisasikannya agar mereka dapat membeli sendiri di toko-toko elektronik maupun online.

============================================================
============================================================
============================================================