“Jadi jika dilihat dari kesiapan masyarakat itu angka terakhir menunjukan 76 persen, saya kira ini akan berkembang terus sampai nanti pada bulan November. Kita harapkan sebagian masyarakat mungkin diangka 90 persen itu siap dengan perubahan atau peralihan dari analog ke digital televisi,” harapnya.

Semua jenis sosialiasi kita lakukan melalui webinar juga datang langsung ke masyarakat melalui pertunjukan rakyat yang kemudian kami juga melibatkan kawan-kawan komisi I di daerah atau dapil masing-masing, bahkan kami sudah melibatkan pemerintah daerah untuk melakukan sosialisasi supaya awarnes masyarakat itu meningkat. Jadi semua kita sosialisasikan termasuk melalui televisi, karena memang melalui televisi dinilai lebih efektif menurut survey yang kita lakukan,sebab yang mau diganti kan televisinya.

BACA JUGA :  Sayur Lodeh Malaysia, Wajib Cobain Menu Lezat Ini Bikin Ketagihan

“Saya yakin masyarakat ini kesadaran akan peralihan dari telivisi analog ke digital terus meningkat dan tingkat partisipasinya akan lebih baik dengan sosialisasi yang terus dilakukan kominfo,” ungkap Usman.

Sementara, berdasarkan hasil survei yang di lakukan oleh PT Multi Utama Risetindo, bahwasa menurut temuan di masyarakat, meski banyak masyarakat yang belum mengetahui tanggal pasti peralihan tv analog ke tv digital, namun masyarakat indonesia bersedia jika harus membeli set top box secara mandiri asal harga yang di tawarkan tidak terlalu mahal.

Selain itu masyarakat banyak mengakui sudah siap untuk beralih ke televisi digital namun lebih banyak yang memilih akan bermigrasi di akhir waktu atau sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan yakni, pada 2 November 2022 mendatang.

BACA JUGA :  Hasil Pertandingan Thomas Cup 2024, Tim Bulu Tangkis Indonesia vs India 4-1

Dari kacamata Nelson terkait ASO, nielson melakukan inovasi dengan menyediakan informasi “digital ready” home di database tv. Hal ini bertujuan untuk melihat angka rating terhadap seluruh populasi televisi sehingga bisa membuat patokan harga bagi para pengiklan dengan kerjasama yang luar biasa antara pemerintah penyelangga mux dan kesiapan masyarakat itu sendiri.

Kemkominfo meyakini bahwa analog switch off bisa berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang sudah di tetapkan. Dengan peralihan tv analog ke digital, masyarakat indonesia akan bisa menikmati siaran yang bersih gambarnya. (B. Supriyadi)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================