Dijelaskan juga bahwa tengkorak domba lebih khas dengan keberadaan tulang air mata di dekat kotak mata. Sedangkan pada tengkorak kambing tidak ada.

Perbedaan selanjutnya dapat dilihat dari bentuk telinga. Sebagian besar jenis kambing memiliki telinga yang menjuntai ke bawah dengan ukuran yang cukup panjang. Sedangkan telinga domba tegak lurus menyamping atau ke atas.

  1. Karakter reproduksi

Pembeda satu ini memang hanya bisa diamati oleh orang yang memelihara atau beternak kambing dan domba. Pertama dari segi domba, hewan ini memiliki masa birahi selaam 17 hari saat sudah berusia 8-10 bulan.

Perkawinan domba biasanya berlangsung saat mereka berumur 18 bulan, diikuti perkawinan kedua yang berlangsung saat berumur 34 bulan. Sedangkan saat melalui masa bunting, pada domba akan berlangsung selama 141–159 hari. Di mana induk domba dapat melahirkan anak sebanyak satu sampai empat ekor. Dan bobot anak yang dilahirkan berada di kisaran 1-4 kilogram.

BACA JUGA :  Wajib Cobain Ini! Resep Nasi Goreng Cumi ala Thai yang Gurih dan Sedap Bikin Nagih

Sementara itu pada kambing, siklus birahinya berada di kisaran 14-21 hari saat sudah berusia 10-12 bulan. Berbeda dengan domba, saat sudah siklus birahi pertama tersebut, kambing bisa langsung melakukan perkawinan pertama yang diikuti dengan perkawinan kedua di usia 24 bulan.

Masa bunting kambing berlangsung selama 147 hari dan mampu melahirkan hingga tiga anak kembar. Lain itu bobot anak yang dilahirkan juga terbilang lebih besar dibanding domba, yakni sekitar 3-5 kilogram.

  1. Perbedaan karakter lainnya

Selain taksonomi, fisik, hingga reproduksi, ada sejumlah hal lain yang juga menjadi pembeda antara kambing dan domba. Pertama dari segi perbedaan tingkah laku. Kambing adalah tipe hewan ternak yang bisa hidup lebih mandiri dan bebas. Artinya mereka tidak selalu terikat dengan kawanan karena lebih aktif dan kerap berkeliling di suatu wilayah.

BACA JUGA :  Jonatan Christie Juara Badminton Asia Championship 2024

Kambing dan domba

Hal tersebut berbeda dengan domba yang selama ini dikenal sebagai hewan berkelompok. Karena itu terkadang tak sulit bagi gembala atau pemelihara domba dalam mengatur kawasannya. Karena mereka sendiri nyatanya disebut akan merasa gelisah bila terpisah dari kawanan.

Perbedaan yang bisa dengan mudah ditangkap dari domba dan kambing adalah ciri khas aroma. Sudah menjadi hal umum, jika kambing memiliki aroma yang biasa disebut dengan aroma prengus atau bau kambing.

Ada beberapa bagian dari tubuh kambing yang diyakini menjadi sumber dari bau tersebut. Beberapa di antaranya kelenjar yang ada di bagian kepala atau belakang dasar tanduk, hingga kelenjar di bagian bawah ekornya. Sementara itu, domba sama sekali tidak memiliki bau seperti yang muncul pada kambing. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================