pemuda

Oleh : Sapta Bela AlFaraby

Ketua DPD KNPI Kota Bogor

Soekarno pernah mengatakan “Apabila dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”. Dari kutipan tersebut kita disadarkan bahwa, kita harus berani dalam melakukan sesuatu entah itu untuk diri sendiri ataupun untuk negeri ini, karena kunci dari sebuah kemajuan adalah dengan beraninya kita dalam mengambil langkah dan keputusan.

Pemuda sebagai generasi penerus bangsa hari ini harus mulai sadar dan meyakinkan dirinya bahwa, ada sebuah kekuatan besar yang terpendam dalam dirinya yang harus terpancar menjadi lentera bagi masyarakatnya. Pemuda hafus sadar bahwa dia bagian dari aset terbesar bangsa sekaligus tumpuan harapan yang akan menegakkan kembali cita-cita bangsa ini. Karena pemuda memiliki kekuatan moral dan kekuatan intelektual (intelegensia).

Dan kekuatan pemuda itu bagaikan percikan api yang menyala-nyala. Jika api itu dimanfaatkan dengan baik maka akan menguntungkan, jika api itu disalahgunakan maka api itu akan menghanguskan tanpa belas kasihan. Pemuda bebas mengekspresikan pendapat dan pikirannya. Pemuda dikenal independen dan tidak memiliki ketergantungan kepada siapa pun. Sebab, pemuda dapat berpikir dengan akal jernih, mampu menganalisis persoalan dan siap mempertanggung jawabkan setiap tindakan.