BOGOR-TODAY.COM, JAKARTA – Dewi adalah TKI (Tenaga Kerja Indonesia)  yang diberangkatkan ke Arab Saudi untuk bekerja sebagai ART (Asisten Rumah Tangga). Kondisi keuangan keluarga yang tidak mencukupi memaksa Dewi untuk mencari pekerjaan di negeri orang. Selepas lulus SMA dia pun didaftarkan oleh orang tuanya pada agen Tenaga Kerja Indonesia (TKI), untuk diberangkatkan ke Arab Saudi.

Awalnya, dia mengira akan bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART) di rumah warga lokal di Arab Saudi. Namun, tak disangka, ternyata dia malah ditempatkan di perkebunan.

BACA JUGA :  Sampaikan Rekomendasi LKPJ Bupati Bogor Tahun 2023, Pj. Bupati Bogor Bersama DPRD Kabupaten Bogor Gelar Rapat Paripurna 

“Semua yang ngurus sponsor. Bayangan saya kirain biasa bersih-bersih, ternyata sudah di sini di luar bayangan saya,” kata Desi seperti dilansir dari akun Youtube Faiz Slamet, Kamis (14/7/2022).

Saat pertama kali bekerja di Arab Saudi, Dewi ditempatkan di perkebunan anggur. Dia ditugaskan membungkus anggur untuk dipasarkan kembali.

Tak hanya itu, dia pun harus mengurus hewan ternak seperti unta dan ayam. Dia bercerita, dirinya kerap dimarahi oleh majikan jika salah dalam melakukan pemerahan terhadap susu unta. Padahal, itu pekerjaan yang baru pertama kali dilakoninya.

BACA JUGA :  Berdampak Positif Bagi Masyarakat, Pemkab Bogor Dukung Rencana Pengembangan IPB University di Dramaga dan Jonggol

“Sering memerah susu unta, saya awal takut sampe nangis tetapi pada saat saya menangis saya dimarahi. Saat itu enggak didampingi (majikan),” ujarnya.

Cerita sedih lainnya yang dialami oleh Dewi adalah, selama bekerja dia tidak diperkenankan untuk menelepon atau menghubungi keluarga di kampung halaman. Bahkan, dia pun tak memegang gaji hasil dia bekerja.

“Enggak boleh menelepon keluarga. Enggak megang uang sama sekali. Gaji dikirim langsung ke keluarga,” ucapnya. –(Net).

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================