banjir
Banjir di Perumahan Vila Nusa Indah 1 Kabupaten Bogor. Foto : Dok KP2C

BOGOR-TODAY.COM, JAKARTA – Dampak hujan deras yang melanda Bogor mengakibatkan banjir menerjang sejumlah titik. Oleh karena itu Badan Nasional Penaanggulangan Bencana (BNPB) meminta kepada terhadap wilayah seperti Jakarta khususnya masyarakat yang tinggal di sepanjang Daerah Aliran Sungai atau DAS Ciliwung dan wilayah Banten, khususnya Lebak dan Tangerang untuk siaga dan dapat melakukan upaya mitigasi dari potensi banjir.

Melanir detik.com, Sabtu (16/7/2022) Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banten, Nana menyebut bahwa banjir di Kabupaten Bogor secara otomatis akan berdampak langsung kepada wilayah Lebak dan Tangerang.

Nana juga meminta dukungan dan bantuan logistik dan khususnya peralatan, mengingat stok milik BPBD Banten kosong.

BACA JUGA :  Simak Daftar Pebulu Tangkis Indonesia di Thomas Cup dan Uber Cup 2024

“Karena Bogor banjir, tentunya akan berdampak langsung ke wilayah Banten, seperti Lebak dan Wilayah Tangerang,” kata Nana, seperti yang disampaikan Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Sabtu (16/7/2022).

BNPB menyebut beberapa laporan banjir dan permintaan evakuasi dari masyarakat mulai diterima baik oleh Pusdalops BNPB maupun BPBD. Laporan banjir itu kemudian diteruskan dan mendapat respon cepat oleh masing-masing OPD di wilayah, seperti Basarnas, BPBD, TNI, Polri, dinas terkait dan relawan penanggulangan bencana.

Hingga kini, belum terdapat laporan mengenai korban jiwa. Namun BNPB akan melakukan pendataan dan kaji cepat di lapangan. Selain itu perkembangan informasi darurat banjir wilayah Jabodetabek akan diberikan secara berkala.

BACA JUGA :  Halalbihalal Perumda Tirta Pakuan, Wali Kota Bogor Apresiasi Kinerja Pelayanan

BNPB mengimbau kepada pemangku kebijakan di daerah bersama masyarakat agar melakukan segala upaya yang merujuk pada mitigasi dan peningkatan kesiapsiagaan seperti normalisasi sungai, susur sungai, pembersihan sungai dari sumbatan sampah, sosialisasi kepada masyarakat dan memantau perkembangan cuaca secara berkala,” ujar Abdul.

BNPB meminta masyarakat yang tinggal di sekitar lereng tebing dan bantaran sungai agar lebih meningkatkan kewaspadaan.

============================================================
============================================================
============================================================