banjir
Banjir di Perumahan Vila Nusa Indah 1 Kabupaten Bogor. Foto : Dok KP2C

BOGOR-TODAY.COM, JAKARTA – Dampak hujan deras yang melanda Bogor mengakibatkan banjir menerjang sejumlah titik. Oleh karena itu Badan Nasional Penaanggulangan Bencana (BNPB) meminta kepada terhadap wilayah seperti Jakarta khususnya masyarakat yang tinggal di sepanjang Daerah Aliran Sungai atau DAS Ciliwung dan wilayah Banten, khususnya Lebak dan Tangerang untuk siaga dan dapat melakukan upaya mitigasi dari potensi banjir.

Melanir detik.com, Sabtu (16/7/2022) Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banten, Nana menyebut bahwa banjir di Kabupaten Bogor secara otomatis akan berdampak langsung kepada wilayah Lebak dan Tangerang.

Nana juga meminta dukungan dan bantuan logistik dan khususnya peralatan, mengingat stok milik BPBD Banten kosong.

“Karena Bogor banjir, tentunya akan berdampak langsung ke wilayah Banten, seperti Lebak dan Wilayah Tangerang,” kata Nana, seperti yang disampaikan Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Sabtu (16/7/2022).

BNPB menyebut beberapa laporan banjir dan permintaan evakuasi dari masyarakat mulai diterima baik oleh Pusdalops BNPB maupun BPBD. Laporan banjir itu kemudian diteruskan dan mendapat respon cepat oleh masing-masing OPD di wilayah, seperti Basarnas, BPBD, TNI, Polri, dinas terkait dan relawan penanggulangan bencana.

BACA JUGA :  Marsinah, Aktivis yang Tewas Misterius saat Perjuangkan Hak Buruh

Hingga kini, belum terdapat laporan mengenai korban jiwa. Namun BNPB akan melakukan pendataan dan kaji cepat di lapangan. Selain itu perkembangan informasi darurat banjir wilayah Jabodetabek akan diberikan secara berkala.

BNPB mengimbau kepada pemangku kebijakan di daerah bersama masyarakat agar melakukan segala upaya yang merujuk pada mitigasi dan peningkatan kesiapsiagaan seperti normalisasi sungai, susur sungai, pembersihan sungai dari sumbatan sampah, sosialisasi kepada masyarakat dan memantau perkembangan cuaca secara berkala,” ujar Abdul.

BNPB meminta masyarakat yang tinggal di sekitar lereng tebing dan bantaran sungai agar lebih meningkatkan kewaspadaan.

“Apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi hingga lebih dari satu jam, maka diimbau agar mengungsi ke lokasi yang lebih aman,” kata Abdul.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di wilayah Jabodetabek cerah berawan hingga hujan disertai petir yang akan terjadi pada Sabtu (16/7/2022).

Melansir dari laman BMKG.go.id, BMKG menyebut pada siang hari, cuaca di Jakarta Barat dan Jakarta Timur diprediksi hujan ringan. Cuaca di Jakarta Selatan diprakirakan hujan disertai petir, sementara cuaca di tiga wilayah Jakarta lainnya diprediksi berawan.

BACA JUGA :  Sandwich Salad Tuna, Menu Sarapan yang Simple Dijamin Keluarga Suka

Pada malam nanti, cuaca di seluruh wilayah Ibu Kota diprediksi berawan, kecuali, cuaca di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur hujan ringan. Suhu di Jakarta hari ini diprediksi bisa mencapai 33 derajat celsius.

“Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore hari,” bunyi keterangan resmi BMKG.

Sementara di Jawa Barat, seperti di Kota Bogor dan Kota Depok, cuaca pada siang hari diprediksi hujan ringan dan malam nanti cerah berawan. Cuaca di Bekasi pada siang hari hingga malam nanti diprakirakan cerah berawan.

Adapun cuaca ilayah Banten, seperti Kota Tangerang, pada siang hari diprediksi berawan tebal dan malam nanti hujan ringan.

“Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Tangerang bagian Selatan dan Kota Tangerang Selatan,” bunyi keterangan resmi BMKG. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================