BOGOR-TODAY.COM –Mungkin terdengar aneh, bahkan kebanyakan orang belum mengetahui manfaat memeluk pohon.

Dirangkum dari berbagai sumber, penelitian telah membuktikan bahwa memeluk pohon akan meningkatkan hormon dan kesehatan mental.

Dalam buku Blinded by Science oleh Matthew Silverstone dijelaskan, ada bukti bahwa pohon memberikan manfaat kesehatan untuk penyakit mental seperti Attention Deficit Hyperactivity Disorder dan depresi.

Manfaat memeluk pohon yaitu dapat meningkatkan kadar hormon oxytocin, seritanin, dan dopamine. Ketiga hormon ini akan membuat kita merasa lebih bahagia.

BACA JUGA :  Wajib Coba! Soto Ayam Bening Kuah Kaldu yang Segar dan Nikmat

Berikut adalah penjelasan fungsi setiap hormon.

  1. Oxytocin

Hormon oxytocin ini sering disebut “hormon cinta”. Hormon ini sangat penting untuk membantu persalinan, menyusui, dan bahkan membuat ikatan orangtua-anak yang kuat.

Hormon ini juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan, empati, dan ikatan dalam hubungan, dan kadar oksitosin umumnya meningkat dengan kasih sayang fisik seperti ciuman, pelukan, dan hubungan intim.

  1. Seritanin
BACA JUGA :  JELANG LAGA MALAM INI, TIMNAS VS AUSTRALIA

Selanjutnya hormon seritanin membantu mengatur suasana hati serta tidur, nafsu makan, pencernaan, kemampuan belajar, dan memori.

  1. Dopamine

Dan terakhir ada hormon dopamine atau yang lebih dikenal sebagai hormon “perasaan baik”. Dopamine adalah hormon dan neurotransmitter yang merupakan bagian penting dari sistem penghargaan otak.

============================================================
============================================================
============================================================