Filipina Diguncang Gempa Magnitudo 7,1, Obyek Wisata dan Bangunan Bersejarah Ikut Hancur

BOGOR-TODAY.COM, FILIPINA Gempa dasyat yang mengguncang Negara Filipina dengan magnitudo 7,1 pada Rabu (27/7/2022), yang terjadi di daratan Pulau Luzon.

Pusat gempa Filipina berada Abra dan getarannya terasa hingga radius 300 kilometer. Wilayah di Pulau Luzon yang merasakan guncangan dengan Intensitas VII antara lain Bucloc, Manabo, Abra sedangkan dampak dengan intensitas VI MMI mencakup wilayah Vigan City, Sinait, Bantai, San Esteban, Ilocos Sur, Laoac, Pangasinan dan Baguio City.

BACA JUGA :  Ravindra Titip Ribuan Bibit Pohon Ke Peserta Upacara Hardiknas di Sukajaya

Dari guncangan gempa tersebut mengakibatkan bangunan-bangunan yang masuk wilayah Pulau Luzon mengalami kerusakan parah. Seperti gedung-gedung yang roboh, pasar yang hancur, hingga jalanan aspal dan tanah yang retak.

Departemen Pariwisata Filipina melaporkan kerusakan parah pada situs warisan budaya di beberapa bagian utara Pulau Luzon setelah gempa magnitudo 7,1 yang mengguncang Abra pada 27 Juli 2022.

BACA JUGA :  Ternyata Daun Salam Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh, Simak Ini

Di Vigan City, bangunan berusia berabad-abad era kolonial Spanyol rusak berat akibat gempa Filipina. Padahal, bangunan itu merupakan situs Warisan Dunia UNESCO dan juga salah satu tujuan wisata di provinsi Ilocos Sur.

============================================================
============================================================
============================================================