Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi blueberry secara teratur dapat menurunkan tekanan darah. Ini terjadi berkat efek peningkatan sirkulasi pada pembuluh darah, yang memperlambat laju aterosklerosis.

  1. Apel

Telah dibuktikan bahwa sering mengonsumsi apel dapat mengurangi kolesterol total. Manfaat ini didapat berkat senyawa fenolik yang ditemukan di kulit apel. Fenolik merupakan senyawa antioksidan yang meningkatkan fungsi sel sehat dan aliran darah yang tepat.

  1. Anggur

Anggur mengandung senyawa polifenol yang dapat mengurangi kerusakan sel. Konsumsi sekitar 1 hingga 2 mangkuk anggur per hari juga dapat membantu melindungi jaringan tubuh dan mengurangi gejala peradangan.

  1. Pisang

Pisang juga jadi jawaban dari sayur dan buah apa yang bisa menurunkan kolesterol.

Pisang dapat menurunkan kolesterol dengan mengeluarkannya dari sistem pencernaan, mencegahnya berpindah ke aliran darah dan menyumbat arteri. Untuk meningkatkan kesehatan jantung ekstra, iris pisang di atas oat pagi dengan satu sendok makan biji chia.

  1. Alpukat
BACA JUGA :  Menu Makan Siang dengan Sop Buntut Sapi yang Empuk Dijamin Menggugah Selera

Alpukat dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke karena kaya akan lemak dan serat tak jenuh yang menyehatkan jantung.

Uji klinis menemukan bahwa mengonsumsi alpukat dapat menurunkan kolesterol LDL, dengan efek menguntungkan pada profil lipid dan lipoprotein.

Diekstrak dari daging buah alpukat, minyak alpukat juga membawa banyak manfaat yang sama. Minyak alpukat yang sarat dengan lemak tak jenuh tunggal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

  1. Sayuran berdaun hijau

Menambahkan lebih banyak sayuran hijau ke hidangan dapat membantu menurunkan kolesterol dengan meningkatkan produksi oksida nitrat (NO) dalam tubuh. Kondisi ini membantu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi aterosklerosis.
Kale dapat menyehatkan jantung Anda karena kaya akan potasium, magnesium, antioksidan, dan serat.

  1. Kentang

Kentang panggang sebenarnya menyediakan lebih banyak potasium yang menyehatkan jantung daripada pisang. Mendapatkan jumlah yang cukup dari nutrisi yang sangat penting ini juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke serta penyakit kardiovaskular lainnya.

BACA JUGA :  Bibir Hitam Gegara 5 Kebiasaan Ini, Simak Sampai Akhir!

Selain itu, mineral dalam sayuran silangan (termasuk kubis dan kubis Brussel) dapat bekerja untuk mengimbangi efek natrium yang menangkal hipertensi.

  1. Terong

Terong telah dibuktikan dapat mengurangi stres oksidatif. Stres dapat menyebabkan kolesterol tinggi dengan memulai peradangan kronis dan pembentukan plak.

  1. Tomat

Tomat adalah sumber potasium yang kaya dengan vitamin A dan C. Tomat juga mengandung antioksidan likopen, senyawa yang terkait dengan penurunan kadar LDL dalam dosis yang lebih tinggi.

  1. Ubi jalar dan labu

Ubi jalar, butternut squash, dan umbi-umbian lainnya berkalori rendah. Umbi-umbian penuh dengan serat, potasium, dan beta-karoten yang dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung. Rendah kalori tetapi kaya serat, labu adalah pengganti musiman yang kaya antioksidan seperti ubi jalar.

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================