Para peneliti menyarankan bahwa jus rumput gandum (wheatgrass), yang kaya akan klorofil, dapat membantu dalam mengobati gangguan defisiensi hemoglobin, seperti anemia dan talasemia.

Pengobatan kanker

Klorofil berpotensi sebagai pengobatan kanker dalam beberapa tes yang dilakukan pada hewan. Sebuah tinjauan tahun 2015 menyimpulkan, klorofilin dapat membantu mencegah dan memperlambat pertumbuhan kanker.

Studi dari tahun 2005 menemukan, klorofil alami mengurangi risiko kanker usus besar pada tikus. Tikus makan makanan tinggi daging merah dan rendah sayuran hijau, yang memiliki hubungan dengan peningkatan risiko kanker usus besar.

BACA JUGA :  Gertak PSN di Kota Bogor, Libatkan Siswa Berantas Sarang Nyamuk

Sebuah studi tahun 2016, klorofilin membantu memperlambat perkembangan kanker paru-paru pada tikus.

Sebagai deodoran

Para peneliti telah mempelajari klorofil untuk potensinya sebagai deodoran selama bertahun-tahun. Penelitian yang diterbitkan pada tahun 1960, klorofil dapat mengurangi bau badan bagi orang yang menjalani kolostomi (operasi usus besar).

Kemudian penelitian dari tahun 1989 menemukan, klorofil tidak efektif dalam mengendalikan bau pada orang yang telah menjalani kolostomi. Namun, studi tahun 1980 mencatat, klorofil meningkatkan bau badan bagian bawah pada orang dewasa yang lebih tua yang tinggal di panti jompo.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Selasa 23 April 2024

Saat ini, beberapa deodoran dan obat kumur mengandung klorofil. Beberapa orang juga mengonsumsi pil klorofil untuk membantu mengurangi bau badan.

Menyembuhkan luka

Para peneliti mempelajari klorofil untuk penyembuhan luka pada tahun 1940-an dan 1950-an. Beberapa penelitian ini menunjukkan klorofil dapat membantu menyembuhkan luka bedah dan mencegah infeksi.

Baru-baru ini, tinjauan tahun 2008 menyarankan, obat yang mengandung klorofilin meningkatkan penyembuhan luka dan mengurangi bau badan.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================