Manfaat kesehatan Klorofil Hijau Daun untuk Tubuh

BOGOR-TODAY.COM – Klorofil, atau yang biasa dikenal dengan zat hijau daun, merupakan kandungan yang menyebabkan warna hijau pada tanaman.

Klorofil ini akan menyerap energi dari matahari untuk keberlangsungan proses fotosintesis pada tumbuhan. Zat ini penting dalam fungsi metabolisme seperti pertumbuhan dan respirasi tumbuhan.

Untuk mendapat manfaat kesehatan dari klorofil yaitu dengan mengonsumsi sayuran hijau.

Ada beberapa manfaat klorofil, antara lain:

Perawatan jerawat

Klorofil juga berpotensi sebagai pengobatan jerawat. Satu studi menemukan gel yang mengandung klorofilin membantu mengurangi jerawat wajah dan pori-pori besar yang terlihat.

BACA JUGA :  Menu Buka Puasa dengan Udang Manis Asam Pedas yang Lezat dan Nikmat Bikin Nagih

Obat anti penuaan

Klorofil dapat bekerja sebagai obat anti-penuaan. Studi menemukan mengoleskan gel yang mengandung klorofilin–turunan klorofil alami yang larut dalam air–ke kulit mengurangi tanda-tanda photoaging, yaitu penuaan akibat paparan sinar matahari.

Penelitian menggunakan sampel kulit dari empat wanita sehat dan berlangsung selama 12 hari.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Berkomitmen Tingkatkan Nilai MCP Pada Tahun 2024

Hasil penelitian menunjukkan kulit yang diobati dengan klorofilin membaik dengan cara yang mirip dengan kulit yang diobati dengan tretinoin, yang merupakan krim kulit resep yang telah terbukti membantu penuaan kulit

Sifat pembentuk darah

Klorofil secara kimiawi mirip dengan hemoglobin, protein yang penting dalam sel darah merah karena membawa oksigen ke seluruh tubuh.

============================================================
============================================================
============================================================