BOGOR-TODAY.COM, BUGIS – Menunaikan rukun Islam kelima adalah impian semua umat Islam dari berbagai belahan dunia. Tidak terkecuali Indonesia. Maka sungguh bahagia, ketika panggilan itu nyata di depan mata.

Ragam cara ditunjukkan jemaah sebagai penanda tunai berhaji. Seperti dilakukan sejumlah jamaah haji asal Bugis, Sulawesi Selatan.

Sejak dari Tanah Air, jamaah wanita membawa baju berbentuk jubah mewah dan songkok. Kian menarik karena corak dan warnanya yang mencolok.

Nantinya, ketika mendarat di Tanah Air, jamaah akan menambah polesan make up di wajah mereka agar semakin mempesona. Tidak ada nama pasti soal tradisi ini. Tetapi telah turun temurun dilakukan pendahulu mereka yang pergi haji dan akan pulang ke kampung halaman.

BACA JUGA :  Kecelakaan Bus Angkut 35 Orang Terguling usai Tabrak Tebing di Bantul

“Ini tradisi orang Bugis. Tidak semua orangkan bisa ke haji makanya ketika pulang ke Tanah Air dalam keadaan sehat dan selamat, kita pakai begini, selain ingin tampil beda, rasa syukur karena sehat,” kata Salmah (56) jemaah asal kloter UPG 7, saat ditemui tim Media Center Haji (MCH) 2022, di Madinah.

Salmah merinci apa-apa yang dia pakai. Yakni taliti berbentuk topi penutup kepala. Di atasnya ada kain kerudung menutup topi disebut Mispah dan kain berbentuk jubah disebut Kabe. Tak lupa perhiasan berupa gelang, anting dan kalung melengkapi penampilan cantik mereka. Bahkan untuk sang suami, juga akan memakai baju gamis dan memakai sorban layaknya pria Arab berpakaian.

BACA JUGA :  Gertak PSN di Kota Bogor, Libatkan Siswa Berantas Sarang Nyamuk

“Kadang kita tambah kacamata. Dengan begini, ketika turun pesawat keluarga sudah lihat itu orang tua kita,” katanya sambil tersenyum.

Ibu Salmah sengaja membeli khusus baju yang akan dipakainya menuju ke rumah sejak dari Makassar. Katanya, baju akan diganti ketika pesawat akan mendekati landing.

============================================================
============================================================
============================================================