pertumbuhan ekonomi di Indonesia
Warga memproduksi berbagai macam produk kerajinan berbahan kain sisa (perca) di Kampung Perca, Sindangsari, Kota Bogor. (Foto : Aditya/bogor-today.com)

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada kuartal II-2022 mencapai 5,44 persen.

Dirinya memperkirakan pertumbuhan ini masih akan berlanjut di kuartal III dan IV sehingga Indonesia bisa mencapai target pertumbuhan 5,2 persen di 2022. Pertumbuhan ekonomi yang cukup baik itu disebabkan oleh konsumsi masyarakat.

“Saya diinstruksikan presiden bahwa kita bersyukur, tapi juga waspada karena ke depan juga akan banyak ketidakpastian. Namun yang dapat kami pastikan bahwa pariwisata tumbuh hampir 10 persen diangka 9,76 persen dan dalam penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru,” ungkap Sandiaga Uno saat ditemui di Bogor, Sabtu (6/8/2022).

Bagaimana meningkatkan wisata sejarah di Bogor

Menurut Sandiaga, Kota Bogor adalah ikon wisata dan menjadi konsep urban tourism. Ia mencontohkan terdapat China town yang akan menjadi showcase dan juga menjadi daya tarik utama Kebun Raya Bogor, lalu di kawasan Bogor Selatan juga ada satu konsep kampung wisata yang nantinya akan dikembangkan kedepannya.

BACA JUGA :  Sajian Malam Hangat dengan Bakso Udang Kuah Bening yang Gurih dan Mantap, Wajib Coba

“Walaupun sekarang kita di masa milenial, tentunya masih banyak wisata-wisata kolonial atau sejarah dan kita bangkitkan dengan konsep tourism working grup dan juga dibahas G20, dalam konsep pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan,” tutur Sandiaga.

Kata dia, wisata sejarah ini berkualitas, sebab pengunjung atau wisatawan akan lebih lama tinggal di daerah Bogor untuk mencari tahu bagaimana sejarah atau asal-usulnya. Selain itu, wisata sejarah ini juga berkelanjutan karena bisa melestarikan lingkungan.

“Saya nanti akan berkoordinasi dengan pemerintah Kota Bogor, agar potensi ini bisa dikembangkan dengan kerjasama multilateral yang melibatkan pemerintah Belanda maupun juga UNESCO, saya juga tadi menyampaikan kalau misalnya Bogor tadi menyiapkan beberapa kota seperti Bogor menjadi Creative City Network dan itu salah ikonnya adalah sejarah,” jelas Sandiaga.

BACA JUGA :  Kemenangan Timnas Indonesia jadi Modal Penentu Kontra Jordania

Sementara itu, menurut Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto bahwa Bogor ini targetnya bukan hanya ekonomi recovery (pemulihan ekonomi), red) akan tapi reborn (lahir kembali). Oleh sebeb itu, pihaknya terus mendorong kampung wisata atau kampung tematik agar bangkit setelah dihantam pandemi sehingga banyak masyarakat  kehilangan pekerjaannya.

“Kita dorong terus kampung-kampung tematik.Saya cerita sedikit tentang Mulyaharja Cirasas, bagaimana dari dampak pandemi yang besar banyak pengangguran, sekarang warga di sana jadi tour guide, ibu-ibu jadi buka ketring dan lainnya, dan Menteri Sandiaga janji akan mengunjungi Cirasas saat panen nanti,” tukasnya. (Aditya)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================