Bacaan Doa Sebelum Wudhu dan Bacaan Niat Wudhu

BOGOR-TODAY.COM –  Membaca niat saat berwudhu termasuk hal yang penting ketika menyucikan diri. Bacaan wudhu teridiri dari niat, doa sebelum dan sesudah wudhu, hingga doa di tiap gerakan wudhu. Membaca niat menjadi bacaan wudhu yang wajib dibaca. Sementara bacaaan lainnya, bersifat sunah atau dianjurkan.

Membaca bacaan wudhu bisa melengkapi proses berwudhu. Dengan berdoa, tiap gerakan wudhu akan lebih bermakna. Bacaan wudhu bisa dibaca dalam hati dengan niat yang ikhlas.

Bacaan wudhu sangat baik dibaca setiap kali melakukan wudhu baik untuk ibadah sholat maupun ibadah lainnya. Berikut bacaan doa sebelum berwudhu lengkap dengan bacaan niat wudhu.

Baca Juga :  Polisi Tangkap Pria Usai Aniaya hingga Sekap Mantan Kekasih

Doa sebelum wudhu

  1. Membaca Ta’awudz dalam huruf latin A‘ūdzu billāhi minas syaithānir rajīm yang artinya: “ Aku berlindung kepada Allah dari gangguan setan yang terkutuk.”
  2. Membaca Basmalah dalam huruf latin Bismillāhir rahmānir rahīm yang artinya: “ Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”
  3. Membaca Tahmid dalam huruf latin Alhamdulillāhi ‘alal Islāmi wa ni‘matihī yang artinya: “ Segala puji bagi Allah atas Islam dan nikmatnya.”
  4. Kemudian membaca dalam huruf latin Rabbi a‘ūdzu bika min hamazātis syayāthīni, wa a‘ūdzu bika rabbi an yahdhurūn yang artinya: “ Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari gangguan setan. Aku juga berlindung kepada-Mu wahai Tuhanku dari kepungan mereka,” (QS: Al-Mukminun ayat 97-98)
  5. Membaca Dua Kalimat Syahadat dalam huruf latin Asyhadu an lā ilāha illallāhu, wa asyhadu anna Muhammadan rasūlullāhi yang artinya: “ Aku bersaksi, tiada tuhan selain Allah. Aku juga bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.”
  6. Membaca Niat Wudhu dalam huruf latin Nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta’aalaa yang artinya: “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah.”
Baca Juga :  Ternyata Makanan Ini Bisa Bantu Cegah Efek Buruk Menghirup Polusi Udara

(net)

Bagi Halaman