Baik putih maupun kuning telur memiliki rasa yang nikmat dan bermanfaat bagi kesehatan. Meski demikian, bagi Anda yang memiliki alergi terhadap telur, ada baiknya untuk waspada karena dapat menimbulkan reaksi seperti gatal atau reaksi lainnya yang mengganggu.

Berikut ini 11 manfaat telur untuk kesehatan :

  1. Kaya akan Gizi dan Nutrisi

Telur seringkali disebut sebagai superfood karena kandungannya yang kaya akan sumber gizi. Sebutir telur memasok hampir semua nutrisi yang Anda butuhkan sehari-hari. Anda dapat memasukkan telur sebagai menu sarapan atau makan siang agar kebutuhan gizi Anda terpenuhi

  1. Sumber Protein yang Terjangkau

Telur memiliki harga yang relatif terjangkau dibandingkan sumber protein lain seperti daging, ayam, dan ikan. Sebutir telur mengandung sembilan asam amino “esensial” yang membentuk protein. Telur juga mudah untuk diolah dan memiliki rasa yang tak kalah nikmatnya.

  1. Menyehatkan Jantung dan Mengurangi Risiko Stroke

Sebuah penelitian di China menunjukkan bahwa makan satu telur sehari dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Anda dapat memasukkan telur sebagai salah satu sumber protein harian Anda.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Telur kaya akan kandungan karoten, terlebih lutein dan zeaxanthin. Karoten sangat penting untuk kesehatan mata dan mencegah katarak. Karena itu, telur disebut sumber vitamin A yang mudah didapatkan untuk penglihatan yang baik.

  1. Sumber Kolin bagi Ibu Hamil dan Menyusui
BACA JUGA :  Ciptakan Pilkada Damai dan Kondusif, Pj. Bupati Bogor Ikuti Arahan Kemendagri RI Melalui Zoom Meeting

Kolin sangat dibutuhkan oleh otak manusia. Kolin membantu pembentukan membran sel dan kinerja fungsi otak, seperti ingatan atau memori. Kolin sangat dibutuhkan bagi ibu hamil dan menyusui karena penting dalam perkembangan janin.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Telur kaya akan kandungan asam amino, yang diketahui dapat membantu proses metabolisme tubuh Anda. Penelitian menemukan bahwa makanan berprotein tinggi dapat meningkatkan metabolisme hingga 80-100 kalori sehari melalui proses yang disebut efek termis makanan. Tak salah jika sebagian orang memakan telur sebagai menu diet harian.

  1. Rendah Kalori dan Membantu Diet

Telur diketahui sebagai sumber makanan yang rendah kalori namun tinggi nutrisi. Hal ini membantu program diet Anda di rumah. Anda sebaiknya merebus telur ketimbang menggorengnya jika ingin menurunkan berat badan.

Hal ini karena menggoreng telur akan menambah kalori dari minyak yang Anda gunakan. Satu telur besar mengandung sekitar 74 kalori. Anda dapat mencoba 3 butir telur rebus, sayuran, dan irisan alpukat yang mengandung kurang dari 500 kalori sebagai salah satu menu harian Anda.

  1. Menurunkan Trigliserida Darah
BACA JUGA :  Kecelakaan Avanza di Garut Tabrak Pejalan Kaki, 2 Orang Tewas

Telur diketahui dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Hal ini sangat baik untuk kesehatan darah, jantung, dan organ tubuh lainnya. Konsumsi telur membantu Anda terhindar dari penyakit jantung dan stroke.

  1. Membuat Kenyang Lebih Lama

Telur mengandung protein yan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dibandingkan karbohidrat atau lemak. Protein dalam telur membuat Anda kenyang lebih lama hingga makan siang. Rasa kenyang yang lebih lama juga membantu Anda mengontrol porsi makanan dan mengurangi konsumsi camilan.

  1. Mempertajam Fungsi Otak

Telur mengandung Vitamin D yang bagus untuk memaksimalkan fungsi otak. Selain itu, kandungan kolinnya juga membantu meningkatkan sel saraf. Telur juga mengandung banyak asam amino seperti DHA yang dapat meningkatkan dan mempertajam kinerja otak Anda.

  1. Mengandung Kolesterol Baik

Telur mengandung lebih banyak kolesterol baik dibandingkan kolesterol jahat. Karena itulah mengonsumsi telur tidak menyebabkan kolesterol jahat di darah menjadi naik. Telur kaya akan kolesterol baik atau HDL yang baik untuk kesehatan jantung dan tubuh. –(Net).

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================