Ngabaso
Ngabring Bareng Ka Sakola (NGABASO) Asyik kembali dilaksanakan oleh para murid SDN Sukasari Kelurahan Sukasari Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Ngabring Bareng Ka Sakola (NGABASO) Asyik kembali dilaksanakan oleh para murid SDN Sukasari Kelurahan Sukasari Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor, setelah hampir tiga tahun terhenti dikarenakan pandemi covid -19.

Kepala Sekolah SDN Sukasari, Gunawan mengungkapkan, kegiatan Ngabaso adalah program Gubernur Jabar, Ridwan Kamil yang dilaunching pada tahun 2018. Tujuannya untuk mengajak anak-anak berjalan kaki ke sekolah atau memninta orangtua mengantar anaknya di titik kumpul di radius 100-200m dari gerbang sekolah.

“Banyak manfaat yang diperoleh oleh para murid. Selain mendisiplinkan siswa juga mereka bisa berbaur saling mengenal antara kakak kelas dan adik kelasnya sambil belajar bersosialisasi,” ungkap Gunawan dalam keterangan tertulisnya yang diterima wartwan, Selasa (16/8/2022).

BACA JUGA :  Digadang Gantikan Bima Arya, Ini Sosok Hery Antasari Pj Wali Kota Bogor

Menurut Gunawan, kegiatan perdana ngabaso ini tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Dimana setiap siswa diwajibkan memakai masker dan tetap menjaga jarak dengan dibantu oleh para guru yang sudah ditugaskan untuk menjemput para murid sesuai zona.

Adapun Titik kumpul kegiatan dibagi memjadi 4 zona yaitu zona Sukasari dan sekitar nya, zona Warung Bandrek dan sekitarnya, zona Gardu Tinggi dan sekitarnya serta zona Kuta Jaya dan sekitarnya.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Akui Keunggulan Qatar di Piala Asia U-23 2024

“Para petugas ini selain melibatkan para guru juga dibantu oleh para orangtua murid agar berjalan aman dan lancar di zona yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah,” terangnya.

Yang terpenting, sambung Gunawan bahwa sebelum melaksanakan kegiatan Ngabaso ini terlebih dahulu berkoordinasi dengan Dinas pendidikan dan Dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (DP3A) Kota Bogor.

“Alhamdulillah kegiatan Ngabaso ini berjalan lancar dan aman, bahkan para orangtua murid menyambut baik kegiatan ini,” pungkasnya. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================