Bima Arya
Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto saat menjadi inpsektur upacara HUT RI ke 77 di Lapangan Sempur, Kota Bogor, Rabu (17/8/2022) Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menjadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI di Lapangan Sempur, Kota Bogor, Rabu (17/8/2022). Dalam momen itu, Bima Arya targetkan pemulihan ekonomi usai dihantam pandemi.

Menurut Bima, momen ini adalah upacara 17 Agustus terbesar pertama yang diperingati setelah masa pandemi dua tahun berturut-turut. Tentu perlunya rasa syukur kehadirat Allah SWT karena hanya atas kehendaknya upacara sakral itu kembali dapat digelar.

“Pandemi memang belum sepenuhnya berakhir, tapi kita semua telah berhasil melewati masa-masa yang sangat sulit selama dua tahun kebelakang. Mungkin ini adalah masa-masa yang paling sulit sepanjang sejarah Kota Bogor,” ucap Bima dalam pidatonya.

Baca Juga :  Leicester City Membungkam Nottingham Forest Dengan Skor Telak 4-0

Di samping itu, Bima juga memaparkan di tahun 2020 hingga 2021 ada 70 persen warga Kota Bogor terdampak pada penghasilannya, 40 persen warga Kota Bogor sempat kehilangan pekerjaannya juga sekitar 300 anak-anak Bogor harus kehilangan orang tuanya.

Ia juga menyebut Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bogor pun turut anjlok. Itu disebabkan karena tingkat hunian hotel, jasa dan pariwisata yang lesu.

“Hari ini keadaan dan situasi jauh lebih baik, pemulihan ekonomi di Kota Bogor, economic recovery di Kota Bogor bergerak lebih cepat dari pada daerah-daerah lain. Pertumbuhan ekonomi kita apabila di tahun 2020 minus 0,41 persen di tahun 2021 menjadi 3,76 persen angka yang sangat baik jauh melebihi angka rata-rata kota-kota lain yang dampaknya lebih tajam dibanding dengan Kota Bogor,” kata Bima.

Baca Juga :  GELAR RESES, DPRD KOTA BOGOR SERAP ASPIRASI WARGA PASCA KENAIKAN BBM

“Pendapatan asli daerah kita juga naik 10 persen dari 872 miliar di tahun 2020  menjadi sekitar 996 miliar di tahun 2021,” Bima menambahkan.