BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Kesatuan bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Bogor membentuk desa binaan siaga bencana di Kampung Cisalada, Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Untuk diketahui, desa binaan merupakan program kerja unggulan dan salah satu bentuk pengabdian MAPALA KESATUAN kepada masyarakat.

Ketua Mapala Kesatuan, Farhan Nabil Akbar menyebut tujuan dibentuknya desa siaga bencana untuk memberikan edukasi kepada masyarakat yang bertempat tinggal di lokasi rawan bencana (khususnya longsor).

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 17 Mei 2024

“Ini berkaitan dengan mitigasi, pertolongan pertama pada gawat darurat dan penanggulangan bencana, agar masyarakat selalu siaga menghadapi kemungkinan terjadinya bencana,” ungkap Farhan dalam keterangan tertulisnya yang diterima bogor-today.com, Selasa (23/8/2022).

Sementara data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, sepanjang tahun 2021 tercatat sebanyak 1.283 bencana terjadi. Bogor pun disebut sebagai wilayah rawan bencana.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, 14 Mei 2024

Sebab, Kabupaten Bogor merupakan wilayah yang secara geografis dan topografisnya cukup labil sehingga rawan bencana seperti longsor dan angin puting beliung serta banjir.

Namun jumlah tersebut diketahui menurun dari tahun sebelumnya sebanyak 1.337 bencana. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================