BPSBTPH Jabar
BPSBTPH atau Balai Pengawasan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat mendorong tanaman anggur menjadi varietas unggulan nasional. Foto : Fadilah/bogor-today.com

BOGOR-TODAY.COM, BOGORBPSBTPH atau Balai Pengawasan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat mendorong tanaman anggur menjadi varietas unggulan nasional.

Hal itu dikatakan pengawas benih tanaman ahli madya BPSBTPH Jabar, Abas Alibasyah saat melakukan kunjungan-kunjungan di kebun lapak bibit, Sukahati, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (24/8/2022).

Dalam kunjungannya, dirinya melihat bagaimana memperbanyak tanaman anggur mulai dari persiapan batang bawah sampai sambung pucuk.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Warga Kolut usai Diduga Hilang saat Cari Ikan di Pesisir Pantai

“Ke depan bertahap untuk karakterisasi dan pelepasan anggur impor yang memiliki keunggulan dari yang ada seperti dari sisi rasa dan ukuran serta tingkat kemanisan,” kata Abas kepada bogor-today.com

Lapak kebun bibit sendiri, kata Abas, memiliki koleksi lebih dari 50 varietas anggur dan mayoritas impor. Sehingga perlu didorong untuk dijadikan varietas unggul nasional.

Langkah – langkah yang diambil BPSBTPH di antaranya melakukan pengecekan karakterisasi oleh tim BPTP & BPSBTPH Jawa Barat sampai menjadi deskripsi awal, didaftarkan ke PVTPP kementan, kemudian diusulkan ke tim TP2PH (Tim Pelepasan Nasional) dan hasil pelepasan menjadi unggul nasional.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 22 Mei 2024

Sementara itu, pemilik kebun lapak bibit, Ruslan mengungkapkan di kebun miliknya memiliki sebanyak lima ribu bibit tanaman anggur impor yang dapat berbuah dengan baik di Indonesia.

============================================================
============================================================
============================================================