BOGOR-TODAY.COM, BANDUNG – Salah satu warga sumedang diduga terinfeksi penyakit cacar monyet atau monkeyvox. Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat menanggapi kabar tersebut.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Jabar, Ryan Bayusantika Rusnandi menegaskan, hingga saat ini, penyakit cacar monyet belum teridentifikasi di Jabar.

“Suspek monkeyfox itu belum ada di Jabar. Contohnya kemarin yang ramai dibicarakan di Sumedang, itu oleh klinisi di RSUD Sumedang pun (dinyatakan) tidak ada,” tegas Ryan, Kamis (25/8/2022).

BACA JUGA :  Sedang Perbaiki Rem, Sopir Truk di Semarang Tewas usai Terlindas Kendaraan Sendiri

Ryan menambahkan, berdasarkan hasil koordinasi dengan Dinkes Kabupaten Sumedang, warga yang diduga suspek cacar monyet ini hanya mengalami cacar biasa.

“Jadi, karena memang klinisnya tidak benar, ini lebih ke cacar biasa atau penyakit lain dengan infeksi bakteri dan tidak ada pembesaran kelenjar getah bening yang merupakan gejala khas dari cacar monyet,” ujarnya.

BACA JUGA :  Kompetisi Mobil RC, Salurkan Hobi di Bulan Ramadan

Ryan menjelaskan, gejala cacar monyet memiliki ciri yang sangat khas, salah satunya ruam cacar besar di daerah wajah dan di telapak tangan dan kaki.

“Adapun gejala khasnya adalah adanya pembesaran kelenjar getah bening, baik di leher, ketiak, dan lain-lain,” katanya.

============================================================
============================================================
============================================================