Animasi Mangkuk Ayam jago
Penampakan animasi mangkuk ayam jago pada edisi hari ini, Senin (12/9/2022). Foto : Tangkapan layar.

BOGOR-TODAY.COM, BOGORAnimasi Mangkuk ayam jago pada edisi hari ini, Senin (12/9/2022) menghiasi Google Doodle.

Lantas, apa arti dari animasi tersebut hingga tampil di Google Doodle. Simak penjelasannya berikut ini :

Melansir situs resmi Google disebutkan bahwa mangkuk ayam jago sangat populer di Asia. Ia berasal dari Lampang, Thailand dan sudah didaftarkan oleh pemerintah Thailand sebagai produk tanda geografis dari wilayah tersebut pada 2013.

“Itu artinya, hukum perdagangan internasional mengakui kualitas dan reputasi ayam jago yang dibuat di region tersebut,” tulis Google.

BACA JUGA :  Kejam, 9 Orang Siswa MTs di Situbondo Tega Keroyok Temannya Hingga Tewas

Sejatinya, mangkuk ayam jago Lampang juga berasal dari Cina. Pada gambar aslinya, ayam jago melambangkan kerja keras, sementara daun pisang dan bunag peony melambangkan mimpi dari keuntungan yang bagus.

Pada tahun 1957, para pengusaha di Lampang banyak membuka pabrik mangkuk tersebut. Pasalnya, wilayha tersebut sangat cocok untuk industri keramik karena punya banyak mineral.

Sejak saat itulah, Lampang terkenal dengan produk mangkuk ayam jagonya. Masyarakat lokal pun merasakan dampak yakni ekonomi yang meningkat.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Buruh Bangunan Asal Sumba di Pantai Nelayan Canggu

Hingga saat ini, Lampang terus memproduksi mangkuk serupa. Namun hanya ada sedikit pengusaha yang bisa mendesain mangkuk itu sesuai gaya tradisonal dan materialnya.

Alhasil, mangkuk ayam jago yang asli, yang dicat dengan tangan menjadi barang yang layak dikoleksi.

Masih dalam situs resminya, Google Doodle berupa mangkuk ayam jago ini hanya akan terlihat di Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Di Tanah Air, mangkuk ini pun sangat populer karena biasa dipasangkan dengan mie ayam, indomie, dan bakso. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================