Lalapan
Mengungkap Penyebab Orang Sunda Suka Makan Lalapan.

BOGOR-TODAY.COM – Kuliner Sunda kaya akan beragam jenis sambal juga lalapan, bahkan sudah menjadi makanan pembuka di resto Sunda. Selain itu, masyarakat Sunda tahu bahwa lalapan itu menyehatkan. Dan sudah terbukti.

Jurnal dari JKM yang menyatakan masyarakat Sunda paling rendah tingkat kolesterol nya diantara suku lain di Indonesia

Mengutip id.quora.com, Selasa (13/9/2022) sejarawan Universitas Padjajaran (Unpad), Fadly Rahman, menjelaskan sejarah dan alasan mengapa orang Sunda gemar makan lalapan.

Lalapan

Menurut Fadly, catatan mengenai kuluban atau lalapan Sunda tercantum dalam Prasasti Taji (901 Masehi) yang menyebutkan adanya kuluban pada jamuan upacara, selain nasi, telur, ikan, dan daging.

BACA JUGA :  Cemilan Manis Gurih dengan Puding Pandan Thai (Kanom Piakpoon), Mudah Dibuat

Naskah Sanghyang Siksa Kandang Karesian (15 Masehi) menjelaskan beragam rupa rasa masakan, yaitu lawana (asin), kaduka (pedas), tritka (pahit), amba (masam), kasaya (gurih), dan madura (manis).

Dalam buku Indische Groenten: Met Inbegrip Van Aardvruchten En Kruiderijen oleh J.J Ochse dan RC Backhuizen van den Brink (Batavia. 1931) yang diterjemahkan oleh Unus Suriawiria dijelaskan tentang beragam sayur khas Sunda seperti daun singkong, pepaya, selada, dan puluhan jenis daun lainnya dan lalap seperti umbi (kunyit, kencur), buah muda (pepaya, mentimun, leunca), bunga (kenikir, honje/combrang), dan biji-bijian (biji nangka, pete).

BACA JUGA :  7 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

Lalapan

Alam Jawa Barat yang sejuk membuat masyarakat membutuhkan makanan yang mampu menghangatkan tubuh, sekaligus sesuai dengan prinsip-prinsip harmoni kehidupan Orang Sunda, meliputi, moral manusia terhadap Tuhan, moral manusia terhadap pribadinya, moral manusia dengan manusia lainnya, moral manusia terhadap waktu, moral manusia terhadap alam, moral manusia terhadap kesejahteraan lahir batin.

Oleh sebeb itu, kebudayaan Sunda menuntut manusia supaya berhubungan baik dengan semua ciptaan Tuhan lainnya. Tidak hanya dengan sesama manusia, tapi juga dengan alam seperti hewan dan tumbuh-tumbuhan. Kebiasaan mengkonsumsi lalap hanya salah satu pantulan dari cara hidup tersebut. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================