Selain kompres dan istirahat, beberapa sumber lain menyebut cara mengobati kelenjar getah bening tanpa operasi bisa dengan mengonsumsi bahan-bahan berikut ini.

  1. Bawang putih

Bawang putih

Bawang putih yang mengandung anti-inflamasi dan anti-mikroba juga dipercaya bisa meredakan pembengkakan kelenjar getah bening.

Caranya, konsumsi lebih banyak bawang putih pada masakan Anda sehari-hari atau mengoleskan bawang putih yang sudah ditumbuk ke area yang bengkak.

  1. Cuka apel
BACA JUGA :  Sirkuit Rumpin Bakal jadi Semi Mandalika, Rampung Tahun 2025

Cuka apel

Campuran cuka apel dan air hangat juga disebut bisa mengatasi infeksi di tubuh. Caranya, dengan mengompreskan campuran cuka apel dan air hangat ke daerah pembengkakan kelenjar getah bening.

Cara lain, dengan mencampurkan cuka apel, madu, dan air matang. Lalu, minum dua kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur.

  1. Vitamin C

vitamin-c

Vitamin C dipercaya bisa meredakan pembengkakan kelenjar getah bening karena membantu sistem kekebalan tubuh cepat pulih. Dengan begitu, bisa melawan infeksi virus dan bakteri.

BACA JUGA : 

Saat virus dan bakteri hilang, maka pembengkakan kelenjar getah bening pun mengempis dan sembuh.

  1. Madu

madu

Madu dipercaya bisa mengatasi infeksi karena turut meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya, campurkan madu ke air hangat, lalu minum. Bisa juga dengan mencampurkan madu dengan jus lemon yang kaya vitamin C.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================