Inilah Makanan yang Bisa Meningkatkan Hb dengan Cepat, Simak Ini!

BOGOR-TODAY.COM – Hemoglobin (Hb) adalah protein kaya zat besi dalam sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh. Protein ini juga berfungsi memberi warna merah pada darah.

Untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selain dengan pengobatan, cara lainnya yaitu mengonsumsi makanan untuk meningkatkan Hb dengan cepat.

Asupan makanan penambah Hb tidak sebatas kaya zat besi, melainkan harus dilengkapi asam folat (vitamin B9), vitamin B12, dan vitamin C.

Di bawah ini terdapat makanan yang bisa bantu meningkatkan kadar Hb darah dengan cepat.

  1. Kacang, biji-bijian, sereal

Kacang-kacangan seperti kacang merah dan kedelai bermanfaat penting dalam menambah kadar hemoglobin darah supaya tidak terjadi anemia.

Kacang merah berukuran setengah cangkir, rata-rata mengandung 2 miligram zat besi. Tak hanya kacang-kacangan, biji-bijian dan sereal juga memiliki zat besi tinggi.

  1. Daging
Baca Juga :  Inilah Cara Mencegah Pembekuan Darah di Otak yang Perlu Kamu Ketahui

Daging merah tanpa lemak seperti sapi, kambing, atau daging unggas, termasuk sumber makanan kaya zat besi.

Per 100 gram daging merah, rata-rata memuat sekitar 2,7 miligram zat besi. Jumlah tersebut setidaknya sudah membantu menambah asupan zat besi ke dalam darah.

  1. Bayam

Sayuran berdaun gelap ini adalah sumber zat besi tinggi. Setengah porsi daun bayam mengandung sekitar 3 miligram zat besi. Selain bayam, Anda dapat mengonsumsi kangkung atau brokoli.

Supaya nutrisi bayam terjaga dan tidak hilang, pastikan memasaknya tidak terlalu lama. Selain itu, hindari mengonsumsi sayur bayam yang dipanaskan, sebab bayam segar hanya bertahan 5 jam setelah dimasak.

  1. Ikan berlemak
Baca Juga :  Resep Membuat Sambal Goreng Udang, Enak dan Nikmat

Ikan berlemak sehat yaitu sarden, tuna, salmon, merupakan makanan untuk meningkatkan Hb. Ikan tersebut umumnya sangat mudah ditemukan.

Selain diperkaya lemak sehat, kandungan terbaik lainnya ada zat besi tinggi. Misalnya pada ikan tuna per satu porsi, sudah memuat 1 miligram zat besi.

Asam lemak omega-3 dalam ikan tersebut bermanfaat untuk sirkulasi darah, dan meningkatkan pelepasan oksida nitrat, melebarkan pembuluh darah serta meningkatkan aliran darah.

  1. Telur ayam

Selain dikenal kaya protein dan mineral, telur ayam juga merupakan sumber zat besi yang baik. Mengonsumsi satu butir telur ayam rebus matang sama dengan menyumbang 1 miligram zat besi bagi tubuh.