BOGOR-TODAY.COM – Kalsium adalah mineral penting yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang serta gigi.

Selain untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, kalsium juga diperlukan untuk mendukung kerja sistem saraf, pembekuan darah, dan kontraksi otot.

Kekurangan kalsium dalam tubuh bisa menyebabkan pertumbuhan anak terhambat dan memicu beragam penyakit, seperti rakitis, osteoporosis, serta osteomalacia. Demikian dikutip dari aladokter.com.

Bagi kebanyakan orang dewasa, dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 1.000 mg kalsium per hari, meskipun kelompok tertentu membutuhkan jumlah yang lebih tinggi, termasuk remaja, wanita pascamenopause, dan orang dewasa.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Wanita di Slogohimo Wonogiri, Gegerkan Warga Setempat

Makanan tinggi kalsium

  1. Yogurt

Yogurt adalah sumber kalsium yang sangat baik. Satu cangkir (245 gram) yogurt tawar mengandung 23 persen kebutuhan gizi untuk kalsium, serta dosis fosfor, kalium, dan vitamin B2 dan B12.

Yoghurt rendah lemak mungkin lebih tinggi kalsiumnya, dengan 34 persen dalam 1 cangkir (245 gram).

  1. Sayuran hijau
BACA JUGA :  Turunkan Kolesterol usai Kalap Makan saat Liburan Lebaran dengan Ramuan yang Dijamin Ampuh

sayuran

Sayuran berdaun hijau sangat sehat, dan banyak di antaranya yang tinggi kalsium, termasuk collard greens, bayam, dan kangkung.

Misalnya, 1 cangkir (190 gram) sawi hijau yang dimasak memiliki 268 mg kalsium, atau sekitar 21% dari jumlah yang Anda butuhkan dalam sehari. Perhatikan bahwa beberapa varietas, seperti bayam, kaya akan oksalat, yang merupakan senyawa alami yang mengikat kalsium dan mengganggu penyerapannya

============================================================
============================================================
============================================================