Makanan Alternatif Protein Pengganti Telur, Lebih Bergizi

BOGOR-TODAY.COM Protein merupakan senyawa penting yang memiliki banyak kegunaaan bagi tubuh. Fungsi protein yakni untuk menghasilkan enzim dan hormon, memperbaiki sel, meningkatkan kekebalan tubuh, dan lain sebagainya. Protein dapat menghasilkan enzim dan hormon untuk menjaga fungsi sel dan organ tubuh.

Makanan yang mengandung protein tinggi sering kali menjadi pilihan bagi para pelaku diet atau hendak membentuk massa otot.

Tak hanya itu, jenis makanan ini juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui serta bayi dan balita untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Namun, demi mengencangkan ikat pinggang tapi tubuh tetap sehat, Anda bisa mencari alternatif sumber protein pengganti telur yang tak kalah bergizi.

  1. Tempe

tempe

Tempe kerap digunakan sebagai pengganti daging buat kaum vegetarian. Setiap sajian 85 gram tempe mengandung 16 gram protein. Selain protein, tempe juga mengandung serat.

Tempe merupakan produk fermentasi sehingga mengandung mikrobioma yang baik untuk pencernaan. Tempe pun cukup mudah diolah ke dalam berbagai macam masakan. Bahkan cukup digoreng pun, tempe sudah jadi pilihan lauk yang nikmat.

  1. Greek yoghurt
BACA JUGA :  5 Penyebab Kena Diare Setelah Lebaran

greek

Greek yoghurt alias yogurt Yunani memberikan 23 gram protein dalam 128 gram sajian. Jenis yogurt ini memiliki kandungan protein lebih tinggi dari yogurt biasa.

Tak hanya protein, yogurt juga memberikan asupan probiotik. Coba saja tambahkan potongan buah dan granola sebagai menu sarapan. Anda akan mendapatkan segala nutrisi yang baik untuk memulai hari.

  1. Tahu

tahu

Tahu merupakan sumber protein nabati. Tiap sajian 3 ons tahu mengandung 8 gram protein.

Seperti telur, tahu pun bisa diolah dalam beragam sajian. Bahkan, cukup digoreng dengan sedikit garam, tahu goreng sudah menjadi lauk lezat.

  1. Biji labu

labu

Biji labu biasanya jadi campuran salad, granola, smoothie, dan dikonsumsi begitu saja sebagai camilan. Meski berukuran mini, biji labu mampu membantu memenuhi kebutuhan protein Anda.

BACA JUGA :  Goguma Latte with Jelly, Minuman Segar yang Legit dan Creamy

28 gram biji labu mengandung 8,5 gram protein. Di samping protein, biji labu juga memberikan nutrisi lain seperti, zat besi, zinc, tembaga, magnesium, potassium, dan selenium.

  1. Udang

udang

Udang bisa Anda andalkan untuk memenuhi asupan protein. Dalam 85 gram udang mengandung 20 gram protein. Udang bisa jadi pengganti ayam, apalagi kandungan kalorinya yang lebih rendah.

Sebaiknya, olah udang dengan saus biasa daripada dengan butter yang justru menambah kandungan lemak.

  1. Kacang tanah

kacang tanah

Protein dalam asupan harian tidak harus berbentuk lauk. Selai kacang untuk olesan roti dan buah pun menambahkan amunisi protein pada makanan. Setiap 28 gram selai kacang mengandung 7 gram protein.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================